Hasil Survei Terbaru: Elektabilitas Habib Salim Urutan ke-16

Hasil Survei Terbaru: Elektabilitas Habib Salim Urutan ke-16
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyampaikan orasi politik di Jakarta, Jumat (3/8). Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Hasil survei terbaru menunjukkan, elektabilitas Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai kandidat cawapres di Pilpres 2019, tetap berada di urutan teratas, jauh meninggalkan Habib Salim Segaf Aljufri.

Elektabilitas putra Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini jauh melampaui sejumlah kandidat lain, termasuk Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Salim Segaf Al-Jufri, yang direkomendasikan ijtima ulama sebagai cawapres Prabowo.

"Dari simulasi 21 nama, elektabilitas AHY di urutan teratas (21,4 persen). Disusul Anies Baswedan (9,7 persen) dan Gatot Nurmantyo (8,2 persen)," ujar Direktur Riset Roda Tiga Konsultan (RTK) Rikola Fedri, saat merilis hasil survei di Bilangan Lebak Bulus, Jakarta, Minggu (5/8).

Dari hasil survei yang dilakukan RTK, posisi Habib Salim terlihat hanya berada di urutan ke-16, dengan elektabilitas 0,5 persen.

"Trennya menunjukkan elektabilitas AHY terus meningkat. Pada survei yang kami lakukan September 2017 lalu hanya 14,3 persen. Naik menjadi 18,8 persen pada April 2018 dan kembali naik menjadi 21,4 persen pada Agustus 2018," ucap Rikola.

Saat ditanya bagaimana dengan elektabilitas Ustaz Abdul Somad yang juga sebelumnya direkomendasikan ijtimak ulama sebagai cawapres Prabowo, Rikola menyatakan nama tersebut tidak muncul pada pertanyaan terbuka yang diajukan pada responden.

BACA JUGA: Hasil Survei Terbaru Elektabilitas Jokowi dan Prabowo, Jauh!

Nama UAS juga tidak coba disimulasikan karena rekomendasi ijtimak ulama baru diterbitkan 27 Juli lalu. Sementara survei sudah dilakukan sejak 23 Juli hingga 1 Agustus lalu.

Hasil survei terbaru menunjukkan elektabilitas Habib Salim Segaf Aljufri jauh di bawah AHY dan sejumlah kandidat cawapres lainnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News