Hasil Survei Terbaru: Elektabilitas Prabowo Melejit, Pendukung Anies, Sabar ya

Hasil Survei Terbaru: Elektabilitas Prabowo Melejit, Pendukung Anies, Sabar ya
Hasil survei terbaru ALGORITMA: elektabilitas Prabowo Subianto melejit. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Hasil survei terbaru ALGORITMA Research and Consulting menunjukkan elektabilitas Anies Baswedan sebagai bakal capres 2024 cenderung stagnan dan masih berada di peringkat ketiga.

Direktur Eksekutif ALGORITMA Research and Consulting Aditya Perdana saat merilis hasil surveinya, Senin (26/6), mengungkapkan elektabilitas Ganjar Pranowo 29,3 persen, elektabilitas Prabowo Subianto 24,6 persen, dan Anies Baswedan 16,9 persen.

“Jika dibandingkan dengan Survei ALGORITMA yang dilakukan 6 bulan lalu yaitu Desember 2022 ada rotasi pilihan capres yang saat itu angkanya Ganjar Pranowo 25,1 persen, Anies Baswedan 18,7 persen, serta Prabowo Subianto 16,6 persen,” terang Aditya.

Aditya menjelaskan, dukungan pemilih terhadap bakal calon presiden juga masih sangat volatil, menggambarkan masih terbukanya pemilih untuk beralih pilihan.

Hanya sekitar sepertiga yaitu 33,9% pemilih yang sudah bahwa pilihan capresnya sudah final dan tak akan berubah pilihan.

“Dengan pemilih yang sebagian besar masih mungkin berubah pilihan capresnya ini tentu pertarungan akan menjadi sangat dinamis. Sejalan dengan itu bursa untuk cawapres pun akan kian dinamis untuk menarik keyakinan calon pemilih,” ujar Aditya.

Aditya memberikan sorotan khusus justru pada bursa calon wakil presiden (cawapres) yang cenderung lebih dinamis.

Dia mengungkapkan, survei terbaru yang dilakukan ALGORITMA ini ada dua nama yang meningkat pesat posisi elektoralnya di mata public, yaitu Sandiaga Salahudin Uno dan Mahfud MD.

Hasil survei terbaru ALGORITMA menunjukkan elektabilitas Anies Baswedan cenderung stagnan. Elektabilitas Prabowo Subianto melejit.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News