Hasil Survei Terbaru: Elektabilitas PSI Bikin Kaget, Bandingkan dengan Partai Ummat

Hasil Survei Terbaru: Elektabilitas PSI Bikin Kaget, Bandingkan dengan Partai Ummat
Partai Solidaritas Indonesia atau PSI. Foto: PSI Lombok Timur for JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Hasil survei terbaru Center for Political Communication Studies (CPCS) menunjukkan elektabilitas PSI (Partai Solidaritas Indonesia) lumayan tinggi.

Sementara, elektabilitas Partai Gerindra mengalami kenaikan hingga mencapai angka 16,8 persen berdasarkan hasil survei pada April-Juni 2023.

Elektabilitas Gerindra tersebut terpaut hanya 0,5 persen dari PDI Perjuangan yang menduduki peringkat pertama dengan 17,3 persen berdasarkan hasil survei di periode yang sama.

"Elektabilitas PDIP cenderung stagnan sejak bulan April 2023, dan ditempel ketat oleh Gerindra yang terus mengalami kenaikan," kata peneliti senior CPCS Hatta Binhudi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (4/9).

Survei CPCS dilakukan pada 21-27 Agustus 2023, dengan jumlah responden 1.200 orang mewakili 34 provinsi yang diwawancarai secara tatap muka.

Metode survei adalah multistage random sampling, dengan margin of error ±2,9 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Hatta menjelaskan, Gerindra yang menikmati berkah coattail effect (kemampuan seorang calon presiden untuk mendatangkan pendukung) dari terus naiknya elektabilitas Prabowo.

"Naiknya elektabilitas Gerindra mengancam tekad PDIP untuk mencetak hattrick atau menang pemilu tiga periode berturut-turut," tegas Hatta.

Hasil survei terbaru CPCS menunjukkan elektabilitas PSI lumayan tinggi, silakan bandingkan dengan Partai Ummat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News