Hasil Survei Terbaru, Hanya Sembilan Partai Lolos PT 4 Persen

Hasil Survei Terbaru, Hanya Sembilan Partai Lolos PT 4 Persen
Pengamat Politik Sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago. Foto: Dokpri for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Hasil survei terbaru lembaga Voxpol Center Research and Consulting menyatakan hanya sembilan dari 16 partai politik yang berpotensi mencapai parliamentary threshold (PT) 4 persen dan lolos ke Senayan.

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago menjelaskan partai itu adalah PDIP dengan elektabilitas tertinggi yakni 26,5 persen.

Berikutnya adalah Partai Gerindra 14,2 persen, Partai Golkar 10,6 persen, PKB 8,4 persen, Partai Demokrat 6,7 persen, Partai Nasdem 5,5 persen, PKS 4,9 persen, PAN 4,5 persen dan PPP 4,1 persen.

BACA JUGA: Mayoritas Partai Politik Lemah Urusan Kaderisasi

“Kemungkinan hanya sembilan partai di atas lolos di parlemen, berpotensi sukses dan lolos melampaui ambang batas perolehan suara minimal partai politik dalam pemilu untuk diikutkan dalam penentuan perolehan kursi di DPR RI," kata Pangi, Senin (11/3).

Pada saat yang sama, lanjut Pangi, hasil survei membuktikan ada tiga parpol lama dan empat partai baru yang kemungkinan gagal melewati ambang batas 4 persen.

Pangi menjelaskan, Perindo hanya meraih elektabilitas 3,5 persen, Partai Hanura 1,1 persen, PBB 0,8 persen, Partai Berkarya 0,7 persen, PSI sebesar 0,5 persen, PKPI 0,4 persen dan Partai Garuda 0,3 persen.

“Dalam survei elektabilitas partai tersebut, yang belum memutuskan pilihan (undecided voters) masih di angka 7,3 persen," ujar Pangi.

Hasil survei terbaru lembaga Voxpol Center Research and Consulting menyatakan hanya sembilan dari 16 partai politik yang berpotensi mencapai parliamentary threshold (PT) 4 persen dan lolos ke Senayan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News