Hasil Survei Terbaru, Lima Partai Perolehan Suaranya tak Tembus 1 Persen

Hasil Survei Terbaru, Lima Partai Perolehan Suaranya tak Tembus 1 Persen
Bendera Partai Politik. Ilustrasi Foto: Doni Kurniawan/Jawa Pos Group

jpnn.com, JAKARTA - Hasil survei terbaru lembaga Voxpol Center Research and Consulting menemukan, ada lima partai dari 16 partai politik peserta Pemilu 2019 yang perolehan suaranya tidak sampai 1 persen.

Partai dimaksud yakni PBB 0,8 persen; Partai Berkarya 0,7 persen; PSI sebesar 0,5 persen; PKPI 0,4 persen dan Partai Garuda 0,3 persen.

Sementara, Sembilan partai berpotensi mencapai parliamentary treshold (PT) 4 persen dan lolos ke Senayan.

BACA JUGA: Parpol Harus Terbuka, Syarat Dana dari APBN Ditambah

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago menjelaskan, partai itu adalah PDIP dengan elektabilitas tertinggi yakni 26,5 persen.

Berikutnya, Partai Gerindra 14,2 persen; Partai Golkar 10,6 persen; PKB 8,4 persen; Partai Demokrat 6,7 persen; Partai Nasdem 5,5 persen; PKS 4,9 persen; PAN 4,5 persen; dan PPP 4,1 persen.

"Kemungkinan hanya sembilan partai di atas lolos di parlemen, berpotensi sukses dan lolos melampaui ambang batas perolehan suara minimal partai politik dalam pemilu untuk diikutkan dalam penentuan perolehan kursi di DPR RI," kata Pangi, Senin (11/3).

Sedangkan Perindo hanya meraih elektabilitas 3,5 persen dan Partai Hanura 1,1 persen.

"Dalam survei elektabilitas partai tersebut, yang belum memutuskan pilihan (undecided voters) masih di angka 7,3 persen," ujar Pangi.

Hasil survei terbaru yang dilakukan Voxpol Center Research and Consulting menyebutkan hanya sembilan dari 16 parpol peserta pemilu 2019 yang lolos ke Senayan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News