Hasto Beber Jurus PDIP Mencegah Perilaku Korupsi, Begini

Hasto Beber Jurus PDIP Mencegah Perilaku Korupsi, Begini
Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto saat membuka pelatihan antikorupsi bagi 27.802 bacaleg dari PDI Perjuangan, di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Rabu (14/12/2022). ANTARA/HO-DPP PDI Perjuangan

jpnn.com - JAKARTA - Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Hasto Kristiyanto membeber jurus PDIP mencegah korupsi.

Hasto menyampaikan itu saat memberikan sambutan di pembukaan acara Pembekalan dan Penguatan Antikorupsi terhadap Bacaleg PDIP di Sekolah Partai, Jalan Lenteng Agung Raya, Jakarta Selatan, Rabu (14/12).

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri diketahui diundang dan hadir untuk memberi materi di acara yang diikuti ribuan bacaleg PDIP tersebut.

Hasto mengatakan bahwa PDIP membuat aturan yang bisa mencegah perilaku korupsi saat proses pemilihan pimpinan di struktur internal partai.

Dosen Universitas Pertahanan (Unhan) itu mengatakan PDIP membangun aturan yang intinya menghindari keluarnya biaya besar dalam mencari ketua DPD dan DPC dari parpol berlambang kepala banteng itu.

Sebab, biaya besar dalam pemilihan bakal berujung dengan korupsi karena figur terpilih memiliki tendensi untuk mengembalikan modal politik. "Pencegahan dengan membangun kesadaran yang sistemik dengan membuat aturan partai," kata Hasto.

Menurut dia,PDIP tidak menggunakan sistem voting 'one man one vote' dalam menentukan ketua DPD dan DPC.

Hasto menjelaskan proses pemilihan ketua DPD dan DPC PDIP diusulkan oleh kader di tingkat bawah.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto membeber jurus PDIP mencegah perilaku korupsi. Seperti apa? Simak di sini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News