Hasto Heran, Hasil Survei Lembaga ini Tempatkan Ganjar di Urutan Kedua

Hasto Heran, Hasil Survei Lembaga ini Tempatkan Ganjar di Urutan Kedua
Dokumentasi - Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto merasa heran dengan hasil survei lembaga ini yang menempatkan Ganjar di urutan kedua. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyatakan keheranannya dengan hasil survei yang dilakukan lembaga independen Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA periode 3-14 Mei 2023.

Hasto heran, karena dalam hasil survei tersebut menempatkan elektabilitas Prabowo Subianto berada di urutan pertama, sementara kandidat presiden dari PDIP Ganjar Pranowo berada di urutan kedua.

Dia lantas membandingkan dengan sejumlah hasil survei lain yang umumnya menempatkan Ganjar berada di urutan pertama.

"Ya, setiap survei kan tidak bisa dilepaskan dalam era demokrasi yang liberal, kapitalistik ini, sarat dengan berbagai kepentingan."

"Maka, survei itu ya paling adil mengumumkan terlebih dahulu pendanaannya dari mana? Apakah ada kepentingan-kepentingan politik?" ujar Hasto di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin (22/5).

Survei Denny JA sebelumnya memperlihatkan elektabilitas Prabowo 33,9 persen, disusul Ganjar 31,9 persen dan Anies Baswedan 20,8 persen.

Hasto lantas menyebut pengalaman pemilihan umum (pemilu) sebelumnya, banyak lembaga survei menjadi konsultan politik dari calon tertentu.

"Nah, ini kami juga pernah bekerja sama dengan Pak Denny JA pada 2009, tiba-tiba beliau mengumumkan elektoral PDI Perjuangan 33 persen."

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto merasa heran dengan hasil survei lembaga ini yang menempatkan Hasto di urutan kedua.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News