Hasto PDIP: Dengan Sikap Prof Yusril tersebut, maka Makin Jelas

Hasto PDIP: Dengan Sikap Prof Yusril tersebut, maka Makin Jelas
Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. Ilustrasi Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menilai partainya punya kemiripan dengan Partai Bulan Bintang (PBB) yang dipimpin Yusril Ihza Mahendra.

Hasto menyebut PDI Perjuangan dan PBB sebagai partai politik lebih memilih jalan ideologi yang kokoh pada prinsip meskipun terjal.

"Dengan sikap Prof Yusril (Ketua Umum PBB) tersebut, maka semakin jelas bagaimana PDI Perjuangan dan PBB hadir sebagai partai ideologi. Kami menempuh jalan ideologi, sementara yang lain jalan liberalisme. Jalan ideologi meski sering terjal, namun kokoh pada prinsip," kata Hasto Kristiyanto dalam keterangannya diterima di Jakarta, Kamis (9/3).

Hasto mengatakan, sebagai parpol yang memilih jalan ideologi, PDIP turut menyiapkan kader dengan basis tersebut dan dipersiapkan melalui kaderisasi kepemimpinan.

"Sebab menjadi anggota legislatif itu dituntut untuk menyelesaikan masalah rakyat saat ini dan merancang masa depan Indonesia melalui keputusan politik. Dalam peran strategis tersebut, maka caleg harus dipersiapkan melalui kaderisasi kepemimpinan” kata pria kelahiran 7 Juli 1966 itu.

PDI Perjuangan memberikan apresiasi kepada Prof Yusril Ihza Mahendra yang telah menyampaikan pemikiran kenegarawanan berdasarkan amanat ideologi Pancasila dan UUD 1945.

“Pemikiran ahli hukum tata negara dan sekaligus Ketua Umum PBB tersebut sangat mencerahkan dan menampilkan kepakaran beliau yang dipandu sikap kenegarawanan tentang bagaimana sistem pemilu tertutup berkorelasi dengan pelembagaan partai dan menegaskan bahwa peserta pemilu legislatif adalah parpol, bukan orang per orang,” kata Hasto.

Menurut Hasto, dengan sistem proporsional tertutup, maka caleg bermodalkan keahlian, dedikasi dan kompetensi melalui kaderisasi, sementara kalau proporsional terbuka modalnya popularitas dan kekayaan.

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto menilai partainya punya kemiripan dengan PBB yang dipimpin Yusril Ihza Mahendra.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News