Hati-Hati, Ada Aplikasi Berbahaya di HP Ini, Buruan Hapus!

Hati-Hati, Ada Aplikasi Berbahaya di HP Ini, Buruan Hapus!
Hacker. Foto ilustrasi: sumutpos

jpnn.com, RUSIA - Keamanan siber asal Rusia Dr Web menemukan ratusan malware trojan atau virus berbahaya yang bisa mengambil data pengguna pada beberapa aplikasi di HP Huawei.

Virus tersebut dikatakan sudah masuk di toko aplikasi AppGallery milik Huawei.

Sebelumnya, malware itu sudah ditemukan di perangkat Android. Mereka bisa mencuri data seperti nomor telepon dan GPS.

Dr Web menyebutkan gim-gim yang mengandung virus itu bernama Android.Cynos.7.origin. Parahkan aplikasih tersebut sudah diunduh lebih dari 9 juta kali.

“Aplikasi yang berisi Android.Cynos.7.origin meminta izin kepada pengguna untuk melakukan dan mengelola panggilan telepon. Dari sana trojan bisa mendapatkan akses ke data tertentu,” kata Dr. Web seperti dikuti Techradar, Jumat (26/11).

Selain nomor telepon, trojan juga mengumpulkan lokasi perangkat berdasarkan koordinat GPS atau jaringan seluler dan data titik akses WiFi, seperti kode jaringan, kode negara seluler, dan banyak lagi.

Dr. Web itu menemukan trojan itu muncul di dalam 190 aplikasi game di AppGallery dengan kategori seperti simulator, game arcade, penembak, dan lainnya.

Trojan itu tidak hanya menyerang pengguna dengan perangkat bahasa Inggris, tetapi Rusia dan China.

Keamanan siber asal Rusia Dr Web menemukan ratusan malware trojan atau virus berbahaya yang bisa mengambil data pengguna pada beberapa aplikasi di HP ini.