Hati-hati! Ini Produk yang Bisa Bahayakan Rambut

Hati-hati! Ini Produk yang Bisa Bahayakan Rambut
Ilustrasi. Foto: www.webmd.com

ADA beberapa produk rambut yang tidak sehebat apa yang para produsen iklankan di TV. Karena itu Anda juga harus berhati-hati dalam penggunaannya. Saatnya untuk melihat jenis produk rambut yang bisa berdampak buruk bagi rambut Anda dan kesehatan Anda, seperti dilansir laman Cheat Sheet:

1. Pewarna rambut permanen

Environmental Working Group (EWG) merekomendasikan meminimalkan penggunaan pewarna rambut permanen gelap. Itu karena banyak produk rambut tersebut mengandung bahan-bahan tar batubara, seperti aminophenol, diaminobenzen dan phenylenediamine, yang telah dikaitkan dengan kanker.

Tar batubara adalah produk sampingan dari pengolahan batubara dan diakui oleh Program Toksikologi Nasional dan Badan Internasional untuk Penelitian Kanker sebagai karsinogen manusia.

Karena penata rambut dan profesional lainnya terkena bahan kimia ini setiap hari, regulator Eropa telah melarang banyak dari bahan-bahan ini dalam pewarna rambut.

2. Produk yang mengandung pewangi

Meskipun pewangi/fragrance adalah salah satu bahan yang paling banyak ditemui dalam produk rambut, tapi sebenarnya bahan itu yang harus Anda hindari jika memungkinkan, karena bahan tersebut bisa mengakibatkan alergi atau sensitif.

Penelitian dari EWG dan Campaign for Safe Cosmetics menemukan rata-rata 14 bahan kimia tidak tercantum pada label di 17 produk wewangian.

Lebih buruk lagi adalah kenyataan bahwa wewangian bisa mengandung pengacau hormon dan termasuk di antara lima alergen top di dunia. Jika Anda bisa memilih produk rambut bebas pewangi, itu ide yang baik.

3. Pelurus rambut

EWG juga merekomendasikan menghindari perawatan meluruskan rambut yang sering menggunakan bahan kimia atau beracun.

EWG masih merekomendasikan menghindari pelurus rambut kimia, terutama perawatan keratin. Bahkan, beberapa produk ini menggunakan formalin, pengawet yang dianggap sebagai karsinogen manusia oleh Badan Internasional untuk penelitian kanker.

4. Produk yang mengandung parabens

Banyak produk rambut termasuk paraben, pengawet estrogen yang sering digunakan secara luas dalam industri kosmetik. Propil-, Isopropyl-, Butyl- Isobutyl dan paraben harus Anda hindari karena Komite Ilmiah Komisi Eropa pada Consumer Products telah menemukan  parabens bisa mengganggu sistem endokrin dan menyebabkan gangguan reproduksi .

5. Pewarna rambut atau pemutih yang mengandung resorsinol

Resorsinol adalah bahan umum dalam pewarna rambut dan produk bleaching, selain bisa mengiritasi, hal tersebut juga merupakan racun bagi sistem kekebalan tubuh dan sering bertanggung jawab untuk alergi.(fny/jpnn)


ADA beberapa produk rambut yang tidak sehebat apa yang para produsen iklankan di TV. Karena itu Anda juga harus berhati-hati dalam penggunaannya.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News