Hati-hati, Kurang Tidur Berisiko Menderita Penyakit Jantung?

Hati-hati, Kurang Tidur Berisiko Menderita Penyakit Jantung?
ILUSTRASI. FOTO: Reuters

jpnn.com - Orang dewasa yang terlalu banyak atau terlalu sedikit tidur mungkin memiliki awal dari pengerasan arteri yang bisa menjadi tanda awal penyakit jantung, menurut sebuah studi baru.

“Banyak orang, hingga sepertiga atau seperempat dari populasi umum, menderita kurang tidur,” kata co-penulis, Dr. Chan-Won Kim, seperti dilansir laman Fox News, Minggu (20/9).

Beberapa penelitian telah menghubungkan kurang tidur dengan peningkatan risiko serangan jantung dan stroke, tetapi kondisi lain seperti depresi atau obesitas bisa memengaruhi hubungan ini.

“Sebaliknya, kami mempelajari jika mendapatkan kualitas tidur yang tidak memadai akan dikaitkan dengan penanda awal penyakit jantung pada orang dewasa yang sehat dan bebas dari penyakit jantung,” kata Kim.

Dalam sebuah penelitian tahun 2013, orang-orang yang cenderung untuk mendapatkan tidur kurang dari enam jam setiap malam lebih mungkin untuk memiliki tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes dan obesitas.

“Orang dewasa dengan kualitas tidur yang buruk memiliki arteri kaku daripada mereka yang tidur tujuh jam sehari atau memiliki kualitas tidur yang baik,” kata co-penulis Dr. Yoosoo Chang dari Pusat Studi Cohort di Rumah Sakit Kangbuk Samsun.

idur pendek juga dikaitkan dengan mengalami depresi, diabetes tipe 2 atau menjadi perokok.(fny/jpnn)

Berita Selanjutnya:
Tips Menghilangkan Kecemasan

Orang dewasa yang terlalu banyak atau terlalu sedikit tidur mungkin memiliki awal dari pengerasan arteri yang bisa menjadi tanda awal penyakit jantung,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News