Hati-Hati Penipuan Lowongan Kerja Mengatasnamakan PT Patra Badak Arun Solusi

Hati-Hati Penipuan Lowongan Kerja Mengatasnamakan PT Patra Badak Arun Solusi
Hati-hati modus penipuan lowongan kerja mengatasnamakan PT Patra Badak Arun Solusi melalui media sosial. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pandemi Covid-19 berdampak meningkatnya jumlah pengangguran. Di tengah kondisi sulit itu, masih ada saja orang-orang jahat yang memanfaatkan situasi.

Penipuan-penipuan berkedok lowongan pekerjaan mulai bermunculan. Salah satunya yang mencatut nama PT Patra Badak Arun Solusi (PBAS).

Corporate Secretary PBAS Suparjono meminta masyarakat waspada terkait modus penipuan lowongan kerja calon karyawan oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab.

Menurutnya, para penipu juga berusaha mencari keuntungan materi dari berbagai modus.

Beberapa modus penipuan, yakni proses penerimaan calon karyawan, penawaran kerja sama dengan PBAS yang disertai penawaran keuntungan dan/atau permintaan melakukan transfer sejumlah dana.

Selain itu, ada pula permintaan sponsorship dalam bentuk pemasangan iklan/uang/materi lainnya, permintaan dana/komisi/fee terkait dengan pencairan bantuan dari PBAS, dan permintaan menghadiri seminar/lokakarya/undangan lainnya dengan menarik dana partisipasi.

PBAS yang merupakan Subsidiary PT Pertamina Patra Niaga dan Member of Pertamina menyatakan penipuan dengan modus pembukaan lowongan kerja terungkap setelah manajemen PBAS memperoleh pengaduan dari masyarakat.

Informasi lowongan kerja palsu itu, lanjut Suparjono, beredar melalui akun Instagram @patrabadakarunsolusi.career.

Penipuan-penipuan berkedok lowongan kerja mulai bermunculan. Salah satunya yang mencatut nama PT Patra Badak Arun Solusi (PBAS).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News