Hati-Hati Saat Mendaki Gunung Soputan

Hati-Hati Saat Mendaki Gunung Soputan
Tim SAR gabungan menemukan delapan pendaki yang tersesat saat akan turun dari Gunung Soputan di Sulawesi Utara, Senin (26/9/2022). FOTO ANTARA/HO-Humas Basarnas Manado

jpnn.com, MANADO - Delapan orang pendaki yang tersesat saat akan turun dari Gunung Soputan, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) ditemukan dalam keadaan selamat.

Basarnas Manado pada Minggu (25/9) malam menerima informasi ada delapan pendaki yang tersesat saat turun dari Gunung Soputan, melalui jalur Tumaratas.

"Kedelapan pendaki tersebut semuanya dari Manado," kata Humas Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Manado Very Aryanto, Senin.

Kedelapan pendaki itu masing-masing, Fauzan Mamonto 21 tahun, Aidil Akbar (21), Ardika Moho (18), Acan Weker (19), Putri Nuraim (21), Yayan Rahman (27), Muhamad Gifari (3), dan Fazrim Moho (21).

Terkait informasi itu Kepala Basarnas Manado Monce Brury langsung memerintahkan satu tim untuk bergerak cepat dikarenakan ada seorang balita yang ikut pendakian.

Setibanya di Desa Tumaratas, tim langsung berkoordinasi dengan kelompok pelestarian sumber daya alam (KPSDA) Desa Tumataras, tim langsung bergerak ke atas melalui jalur Desa Tumataras bersama KPSDA.

Tim sepanjang jalan melaksanakan pencarian dengan berteriak agar para pendaki yang tersesat mendengarkan teriakan-teriakan tim.

Mengingat menjelang subuh tim SAR gabungan beristirahat sejenak di basecamp Elas Wongker dan dilanjutkan Senin pagi.

Delapan orang pendaki sempat tersesat saat akan turun dari Gunung Soputan. Ada seorang balita.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News