Haul HOS Tjokroaminoto, LT Sarekat Islam Gelar Doa Bersama

Haul HOS Tjokroaminoto, LT Sarekat Islam Gelar Doa Bersama
Anggota Sarekat Islam memperingati haul HOS Tjokroaminoto dengan berziarah dan doa bersama di Yogyakarta. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, YOGYAKARTA - Memperingati hari wafatnya atau haul Haji Oemar Said (HOS) Tjokroaminoto, Lajnah Tanfidziyah Sarekat Islam (SI) menggelar acara doa bersama dan santunan anak yatim di depan sang pendiri organisasi tersebut di Yogyakarta, Selasa (27/4).

Rangkaian acara haul dimulai dengan membaca Al Quran, dan mengirimkan doa oleh para anggota SI dan peserta lainnya.

"Dilanjutkan dengan santunan 200 anak yatim yang diserahkan secara simbolis kepada 15 orang perwakilan," kata Ketua Panitia Acara Haul HOS Tjokroaminoto, Chandra Halim kepada wartawan.

Menurut Chandra, peringatan haul tahun ini diikuti oleh para pengurus Lajnah Tanfidziyah SI dan pengurus organisasi serumpun SI.

Diantaranya Sako Pramuka, Pertahanan Ideologi Sarekat Islam (Perisai), Gerakan Tani Sarekat Islam (Gertasi), Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (SEMMI), Serikat Pelajar Mahasiswa Islam (Sepmi), Serikat Sarjana Mahasiswa Islam (Sesmi) dan Wanita Perisai.

"Haul ini juga untuk mengingatkan kita dengan menghargai dan menghormati jasa, perjuangan beliau yang melahirkan tokoh-tokoh pejuang kemerdekaan di republik ini," kata Chandra.

Ketua Bidang Infrastruktur dan Organisasi DPP/LT SI ini mengatakan bahwa HOS Tjokroaminoto adalah pahlawan nasional sekaligus pemimpin abadi Sarekat Islam.

Tjokroaminoto memimpin SI sejak 1914 hingga wafat pada 17 Desember 1934 bertepatan dengan 10 Ramadan.

Memperingati hari wafatnya atau haul Haji Oemar Said (HOS) Tjokroaminoto, Lajnah Tanfidziyah Sarekat Islam (SI) menggelar acara doa bersama dan santunan anak yatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News