JPNN.com

8 Cara Praktis Supaya Tidak Haus Saat Berpuasa

Minggu, 17 Mei 2020 – 22:50 WIB
8 Cara Praktis Supaya Tidak Haus Saat Berpuasa - JPNN.com
ILUSTRASI minum air putih. Foto: Hellosehat

jpnn.com - Banyak yang bilang bahwa bagian paling sulit dari berpuasa di bulan Ramadan adalah menahan haus. Hal ini khususnya dirasakan saat siang hari, ketika matahari sedang berada ‘di atas kepala’.

Apakah Anda termasuk orang-orang yang kesulitan menahan haus saat puasa?

Tenang tidak perlu khawatir. Kesulitan menahan haus saat puasa adalah hal yang wajar terjadi. Karena pada dasarnya, 60-70% tubuh manusia terdiri dari air. 

Nah, puasa mewajibkan Anda untuk tidak makan dan minum hingga waktu terbenam matahari (magrib) sehingga tubuh bisa saja kekurangan pasokan cairan, khususnya jika Anda tidak melakukan persiapan yang matang di waktu sahur.

Apa yang Terjadi pada Tubuh Ketika Haus?

Menurut dr. Devia Irine Putri, haus sebenarnya merupakan tanda dari tubuh yang kekurangan cairan. Sensasi ini diatur oleh pusat rangsang di hipotalamus otak. 

"Perubahan volume cairan tubuh yang menyebabkan perubahan detak jantung (awalnya naik) dan tensi jadi turun. Tetapi, karena tubuh tetap bekerja tanpa ada cairan pengganti, maka tubuh berusaha mempertahankan diri dengan cara merombak sel-sel dan elektrolit yang ada," kata dr. Devia.

“Kalau kondisi tersebut dibiarkan terjadi secara terus-menerus, akhirnya tubuh akan jatuh ke status dehidrasi berat sampai syok,” sambungnya.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy