He He He, Ini Kekurangan Cak Imin di Mata Sekjen PDIP

He He He, Ini Kekurangan Cak Imin di Mata Sekjen PDIP
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Jakarta, Selasa (10/4). Foto: Derry Ridwansah/JawaPos.Com

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyatakan, partainya memiliki ikatan sejarah yang kuat dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Menurutnya, ikatan itu sudah terbangun sejak tokoh-tokoh Nahdatul Ulama (NU) dan Bung Karno berjuang bersama ‎demi kemerdekaan Indonesia.

Hubungan itu terjalin makin kuat saat tokoh NU KH Abdurrahman Wahid mendirikan PKB. Tokoh yang kondang disapa dengan panggilan Gus Dur itu juga menjalin komunikasi intensif dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Kemudian saat peresmian posko pemenangan Joko Widodo (di Tebet,red), Cak Imin (Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, red) menggunakan jaket merah," ujar Hasto saat mengunjungi kantor DPP PKB di Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, Selasa (10/4).

Hasto juga mengamati upaya Cak Imin untuk terus menjalin kedekatan dengan PDIP. Ketika hendak dilantik menjadi wakil ketua MPR, politikus asal Jombang itu terlebih dahulu menziarahi makam tokoh PDIP Taufik Kiemas.

Hanya saja, Hasto sembari berkelakar menyebut Cak Imin masih punya kekurangan. "Sekarang yang kurang hanya tinggal satu, Cak Imin belum ber-KTA (kartu tanda anggota) PDIP," ucapnya.

Sontak, pernyataan Hasto disambut gelak tawa. Para pengurus PDIP ataupun PKB yang ikut dalam pertemuan itu langsung tergelak.

Sedangkan mengenai isi pertemuan, Hasto menjelaskan bahwa Cak Imin sempat menyampaikan gagasan besar Soekarno, KH Hasyim Asy'ari dan Gus Dur tentang keindonesiaan. Hasto dan Cak Imin sama-sama sependapat bahwa tidak ada dikotomi antara nasionalis dan umat Islam.

‎"Kami juga sama-sama sepakat, bahwa kerja sama antarparpol sangat penting untuk terus diperkuat. Terutama dalam menyusun agenda bersama terkait sistem politik yang sejalan dengan kultur bangsa dan berlandaskan Pancasila," pungkas Hasto.(gir/jpnn)


Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan, partainya memiliki ikatan sejarah yang kuat dengan PKB yang kini dipimpin Muhaimin Iskandar.


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News