He he...Kode Unik Bu Menteri Akhiri Wawancara

He he...Kode Unik Bu Menteri Akhiri Wawancara
Menlu Retno Marsudi. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - MENTERI Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi  punya cara untuk mengakhiri wawancara tanpa membuat kecewa. Bisa dengan guyonan atau mencari-cari alasan dengan gaya yang lucu.

Misalnya, yang terjadi menjelang keberangkatan Presiden Joko Widodo ke Jepang belum lama ini. Setelah dipanggil Jokowi, Retno dicegat wartawan saat hendak menuju mobilnya. 

Seperti tahu keinginan wartawan, dengan tersenyum, dia mau saja saat diatur-atur posisinya. Apalagi saat wartawan perempuan memuji penampilan dia yang memang selalu tampak fashionable.

Ketika merasa sesi doorstop sudah cukup, Retno pun mencari cara mengakhiri berondongan pertanyaan. ’’Duh, sumuk (gerah) banget ya, hari ini,’’ ujar diplomat 53 tahun itu sembari menyeka dahinya. 

Itu kode agar wartawan berhenti bertanya. Memang, siang itu matahari memang cukup terik dan menimbulkan hawa panas.

Karena belum puas, beberapa wartawan tetap mengajukan pertanyaan. Dia pun akhirnya tetap menjawab. Begitu dirasa cukup, Retno pun mengakhiri sesi dengan logat Jawa yang kental. 

’’Sudah ya, kalau sumuk, hidung saya itu gatel,’’ ucapnya sembari memegang hidung dan menghindari sorot kamera. ’’Matur nuwun,’’ tambahnya seraya berlalu. (byu/c10/agm)


MENTERI Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi  punya cara untuk mengakhiri wawancara tanpa membuat kecewa. Bisa dengan guyonan atau mencari-cari


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News