Hebat! Rumput Laut Samarinda Tembus Pasar Korea, LaNyalla: Harus Dikembangkan

Hebat! Rumput Laut Samarinda Tembus Pasar Korea, LaNyalla: Harus Dikembangkan
Ketua DPD RI, AA Lanyalla Mahmud Mattalitti mengatakan budidaya rumput laut Samarinda layak dikembangkan karena sudah masuk pasar ekspor. Foto: Humas DPD RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengharapkan adanya pengembangan budi daya rumput laut yang ada di Samarinda, Kalimantan Timur, yang telah sukses menembus pasar internasional seperti Korea.

Menurutnya, pengembangan komoditas yang telah sukses tersebut dapat diikuti dengan berbagai upaya lanjutan, sehingga mendorong produksi maupun ekspor rumput laut ke depannya.

“Ini membuktikan pasar untuk komoditi kita masih terbuka sangat lebar, khususnya rumput laut. Momentum ini harus dijaga, bahkan kita harus bisa memperluas pasar," LaNyalla dalam siaran pers di Jakarta, Kamis (11/2).

LaNyalla menyebutkan, keberhasilan Kalimantan Timur mengekspor rumput laut di masa pandemi Covid-19 sangat membantu, terlebih komoditas ini telah terbukti kualitasnya.

"Kualitas rumput laut asal Samarinda sangat teruji. Keberhasilan memenuhi kebutuhan pasar Korea menjadi buktinya. Potensi usaha dari komoditi ini sangat baik," katanya.

Karena kualitasnya, lanjut LaNyalla, budidaya rumput laut yang juga dipasok dari daerah Bontang ini mampu diterima pasar nasional. Komoditas tersebut bahkan menjadi bagian dari upaya peningkatan kinerja perekonomian di masa pandemi.

"Potensinya sangat luar biasa dan masih bisa dikembangkan lebih lanjut. Harus ada langkah konkrit agar komoditi rumput laut bisa menjadi bagian dalam usaha pemulihan ekonomi," tukasnya.

Tidak itu saja, alumnus Universitas Brawijaya Malang itu juga berharap pemerintah daerah dapat melakukan optimalisasi dan mendorong pengembangan komoditi ini.

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengharapkan adanya pengembangan budi daya rumput laut yang ada di Samarinda, Kalimantan Timur, yang telah sukses menembus pasar internasional seperti Korea.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News