Heboh Hoaks Ratna, Ketum PSI Ingatkan Pentingnya Kejujuran

Heboh Hoaks Ratna, Ketum PSI Ingatkan Pentingnya Kejujuran
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie mengatakan, semua politikus harus mengedepankan kejujuran dalam berpolitik. Menurut dia, kasus Ratna Sarumpaet telah memperlihatkan betapa merusaknya sebuah kebohongan.

“Kita yang bergerak dalam dunia politik harus tegas menegakkan kejujuran. Kasus Bu Ratna Sarumpaet mengajarkan kita bahwa kebohongan walau mungkin dipercaya untuk sesaat, tapi pada akhirnya hanya menghancurkan dan memecah-belah,” kata Grace di Jakarta, Jumat (5/10).

Grace menyatakan prihatin dengan kebohongan yang disampaikan Ratna. Namun, dia juga menyayangkan sikap terburu-buru kubu Prabowo yang dengan segera memanfaatkannya untuk menyerang kubu Jokowi.

“Dalam dunia yang penuh hoax saat ini, prinsip cek dan ricek mutlak diperlukan. Keterburu-buruan yang dilandasi sikap emosional berlebihan justru merugikan semua pihak,” ujar Grace yang pernah menjadi jurnalis di media terkemuka ini.

Menurut Grace, untung saja kebohongan itu dengan segara terbongkar. Jika lebih lama lagi beredar, kebohongan itu bisa membuat masyarakat ikut teperdaya.

”Tidakkah itu akan menimbulkan kemarahan dan bahkan pembalasan berbentuk serangan fisik? Ngeri saya membayangkan berlangsungnya konflik horizontal dalam masyarakat yang saat ini memang sensitif secara politik,” ujar Grace.

Karena itu, Grace mengimbau semua pelaku politik untuk senantiasa mengedepankan kepentingan bangsa dalam suasana menjelang Pileg dan Pilpres 2019.

“Kita, para pelaku politik, sedang berada dalam sorotan masyarakat. Apa yang kita lakukan akan dijadikan rujukan oleh masyarakat luas. Kalau kita membenarkan dan bahkan menyebarkan kebohongan, kebencian, fitnah; itu akan langsung berdampak pada perilaku masyarakat,” kata Grace.

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie mengatakan, semua politikus harus mengedepankan kejujuran dalam berpolitik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News