Heboh Insiden Serda Nurhadi Dicegat, Kombes Isir Peringatkan Para Debt Collector di Surabaya

Selasa, 11 Mei 2021 – 22:49 WIB
Heboh Insiden Serda Nurhadi Dicegat, Kombes Isir Peringatkan Para Debt Collector di Surabaya - JPNN.com
Kapolrestabes Surabaya Kombes Jhonny Eddizon Isir saat memberikan tanggapan mengenai kasus debt collector. Foto: Arry Saputra/JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Anggota TNI Serda Nurhadi dicegat para debt collector saat melintas di gerbang Tol Koja Barat, Jakarta Utara. Kejadian itu mendapat respon dari Kapolrestabes Surabaya Kombes Jhonny Eddizon Isir. 

Isir menegaskan bahwa pihaknya akan menindak tegas apabila menemukan kejadian serupa di Kota Pahlawan. Mengingat kasus itu masuk dalam ranah pidana. 

"Mereka bisa melapor, dan kami bisa menindak," kata dia, Selasa (11/5). 

Dia menjelaskan, lembaga pembiayaan biasa menyewa jasa penagih atau debt collector untuk melakukan penagihan kepada konsumen yang molor membayar cicilan. 

"Seyogyanya penggunaan tenaga-tenaga penagih atau mengambil barang ini harus disesuaikan, karena penyitaannya juga tidak bisa sembarangan," jelas dia. 

Isir mengimbau bagi lembaga pembiayaan untuk bisa memahami konsekuensi ketika melakukan penagihan ke konsumen yang molor membayar tagihan, namun dalam pelaksanannya terjadi intimidasi atau bahkan melukai. 

"Jadi, ayo kita ikuti prosedur bagaimana proses penyitaan objek fidusia, gitu yang paling penting," tutur dia. 

Isir mengakui jika beberapa waktu lalu sempat menerima laporan dari warga yang barangnya disita debt collector. Petugas pun sudah diminta untuk mengeceknya. 

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...