Heboh! Komunis Pasang Cip di Ponsel untuk Intai Indonesia

Heboh! Komunis Pasang Cip di Ponsel untuk Intai Indonesia
Foto: Hoaks

jpnn.com, JAKARTA - Belakangan beredar hoaks engenai cip pengintai di ponsel merek Oppo. Katanya, cip itu buatan komunis untuk memata-matai Indonesia. Padahal, benda yang disebut cip itu hanyalah stiker garansi.

Hoaks mengenai cip pengintai tersebut tersebar di media sosial. Salah satu blog yang memproduksi konten tentang hal itu adalah pribumindo1945.blogspot.co.id.

Pada 2017, mereka membuat tulisan berjudul ’’Selama Ini Kita Ditipu!!! Oppo adalah Antek Komunis yang Ditugaskan Memata-matai Indonesia’’.

Dalam tulisan tersebut, mereka mencatut nama tim IT FPI. Entah FPI yang dimaksud itu siapa. Tulisan itu menyebutkan, tim IT FPI melakukan penelusuran pada ponsel merek Oppo.

Ternyata, ditemukan ada microchip yang tertanam untuk merekam gerak-gerik penggunanya. Mereka pun menyarankan agar benda warna putih yang disebut microchip itu dicopot.

Ada tiga foto yang dikolase ikut diselipkan dalam tulisan tersebut. Foto-foto itu memaparkan cara mencopot microchip tersebut.

Untuk menjawab isu itu, Jawa Pos menghubungi gadget reviewer pemilik blog ponselmu.com, Herry S.W.

Pria yang pernah mengelola rubrik teknologi di Jawa Pos itu memastikan bahwa informasi tersebut hoaks. ’’Yang disebut microchip putih itu adalah stiker garansi,’’ kata Herry.

Kabar hoaks menyebut cip pengintai sengaja dipasang komunis di ponsel merek Oppo untuk memata-matai Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News