Heboh, Menteri India Sebut Ada Internet di Zaman Mahabharata

Heboh, Menteri India Sebut Ada Internet di Zaman Mahabharata
Biplab Kumar Deb (BBC)

jpnn.com, INDIA - Menteri Utama Negara Bagian Ripra, Biplab Kumar Deb jadi bahan olok-olokan di dunia maya. Pasalnya, dia mengatakan warga India sudah mengenal internet sejak ribuan tahun lalu. Kisah Mahabharata adalah bukti dari klaim tersebut.

Politikus 47 tahun itu juga mengatakan bahwa internet dan satelit bukanlah temuan orang Amerika atau Eropa.

"India tidak asing dengan internet maupun satelit karena sudah ada sejak zaman Mahabharata," katanya dilansir dari BBC Rabu (18/4).

Menurut dia, kisah Mahabarata membuktikan bahwa ketika itu sudah ada internet. Contohnya, Raja Dhritarashtra yang buta, bisa tetap mendapat kabar perkembangan pertempuran di Padang Kuruksshetra.

Padahal, lanjut dia, ketika itu sang penasihat, Sanjaya, juga tidak berada di medan perang. "Semua itu bisa terjadi karena ada internet dan juga satelit," terangnya.

Terang saja pernyataannya itu diolok-olok warganet. Bahkan kalangan akademisi juga ikut-ikutan merundung sang politikus.

Asisten profesor sejarah Asia Selatan Universitas Rutgers, Amerika Serikat (AS), Audrey Truschke mengatakan, kalau sudah ada internet seharusnya putra Arjuna dan Subhadra, Abhimanyu, tidak tewas di medan pertempuran.

"Abhimanyu bisa bertanya kepada Quora cara menghindari formasi perang Chakravyuha. Mungkin juga Sri Krishna bisa menyiarkan Bhagavad-Gita melalui Facebook," sindir Truschke.

Seorang menteri di India jadi diolok-olok warganet karena mengatakan bahwa internet sudah ada sejak zaman Mahabharata

Sumber Jawapos.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News