Heboh Pembongkaran Rumah Singgah Bung Karno di Padang, Utut Akan Melapor ke Bu Mega

Heboh Pembongkaran Rumah Singgah Bung Karno di Padang, Utut Akan Melapor ke Bu Mega
Wakil Ketua DPR RI Utut Adianto didampingi Ketua DPD PDIP Sumbar Alex Indra Lukman mengunjungi lokasi cagar budaya rumah singgah bung Karno di Kota Padang yang sudah dibongkar. (ANTARA/ Mario SN))

jpnn.com, PADANG - Wakil Ketua DPR RI Utut Adianto menyayangkan pembongkaran rumah singgah Presiden pertama RI Soekarno (Bung Karno) di Kota Padang, Sumatera Barat yang berstatus cagar budaya.

"Pertama ini telah terjadi, dan kita lihat sudah rata dengan tanah. Terutama kalau sudah masuk cagar budaya, pemerintah juga harus memberikan perhatian," kata Utut saat meninjau lokasi, Selasa (21/2).

Menurut Utut, pemilik bangunan semestinya bisa mengomunikasikan terlebih dahulu sebelum melakukan pembongkaran rumah singgah Bung Karno tersebut.

“Kepada pemilik, idealnya ke depan kalau tahunya begini, ya, bicara dulu. Sekarang sudah rata dengan tanah," tutur ketua Fraksi PDIP DPR RI itu.

Namun, Utut juga tidak bisa menyalahkan pemilik bangunan rumah Ema Idham dalam persoalan ini, karena mereka sudah mendapatkan izin dari dinas terkait di Pemkot Padang.

Utut mengaku akan mendiskusikan masalah itu dengan Mendikbudristek Nadiem Makarim dan Menparekraf Sandiaga Uno di Jakarta.

Jika rumah singgah Bung Karno yang telah dibongkar itu dibangun ulang, maka harus ada intensif juga terhadap pemilik bangunan.

Menurut Utut Adianto, sejauh ini ada dua opsi yang bisa dilakukan, tetapi Utut belum mau memerincinya.

Politikus PDIP Utut Adianto bakal melaporkan pembongkaran rumah singgah Bung Karno di Padang kepada Megawati Soekarnoputri (Bu Mega.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News