Heboh, Pohon Nangka Keluar Nira

Heboh, Pohon Nangka Keluar Nira
Heboh, Pohon Nangka Keluar Nira

jpnn.com - PURBALINGGA - Kejadian langka dan unik menghebohkan warga Desa Bumisari, Kecamatan Bojongsari beberapa hari terakhir. Sebuah pohon nangka di sebuah kebun di Dusun Bukung, desa setempat mengeluarkan nira layaknya pohon kelapa.

Kasus unik ini diketahui pertama kali oleh Karyono (45), warga Karangjengkol, Kutasari pemilik kebun tersebut. Tiga hari lalu, ia mengambil buah nangka muda untuk sayur. Anehnya, setelah tiga hari bekas potongan itu tidak mengeluarkan getah atau warga menyebutnya pulut, layaknya pohon nangka lain.

"Saat saya jilat seperti busa yang keluar, rasanya manis seperti nira kelapa. Saya juga mencoba memotong lagi. Kondisinya sama, mengeluarkan nira layaknya bunga atau manggar kelapa," paparnya.

Akhirnya dia mencoba menyadapnya lengkap dengan pongkor tempat menampung nira. Alangkah kagetnya dalam beberapa jam saja, nira bisa didapat hingga dua liter. Begitu juga saat dimasak, ternyata "getah" itu bisa menjadi gula layaknya gula kelapa.

"Warna gula juga seperti gula kelapa. Ini sungguh aneh dan tidak habis pikir ada pohon nangka seperti ini," tambahnya.

Kejadian itu akhirnya mengundang perhatian warga. Hingga sore kemarin, warga bergantian melihat pohon langka itu. Nira yang sedang disadap juga masih tergantung di pohon nangka aneh itu.

Sementara itu, warga Bumisari, Tarsono mengatakan kondisi ini sangat aneh. Menurutnya baru pertama kali terjadi. Karena penasaran ia mencoba nira itu dan gulanya usai dimasak. Warga lainnya juga berbondong- bondong melihat pohon itu.

Hingga kemarin, pohon yang berjarak sekitar tiga kilometer dari pusat Dukuh Bukung itu masih banyak didatangi warga.  Rasa penasaran mereka terobati saat mencicipi "nira" hasil sadapan. (amr/acd)


Berita Selanjutnya:
330 Ribu Belum Rekam e-KTP

PURBALINGGA - Kejadian langka dan unik menghebohkan warga Desa Bumisari, Kecamatan Bojongsari beberapa hari terakhir. Sebuah pohon nangka di sebuah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News