Heboh Suara Dentuman Misterius, Ini Jawaban BMKG

Heboh Suara Dentuman Misterius, Ini Jawaban BMKG
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Ilustrasi: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) membantah jika suara dentuman yang terdengar di beberapa tempat di Jawa Tengah, pada Senin (11/5) dini hari tadi, berasal dari kejadian gempa tektonik.

"Perlu kami informasikan bahwa pada hari Senin 11 Mei 2020 pukul 00.45 WIB sampai dengan 01.15 WIB yang mana periode waktu ini disebut-sebut oleh warga muncul suara dentuman, setelah dilakukan pengecekan terhadap gelombang seismik dari seluruh sensor gempa BMKG yang tersebar di Jawa Tengah, hasilnya menunjukkan tidak ada catatan aktivitas gempa di Jawa Tengah," ungkap Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG Dr. Daryono dalam keterangan tertulis, Senin.

Sekiranya itu dari aktivitas gempa tektonik, kata Daryono, maka sensor pendeteksi gempa akan langsung bereaksi.

"Kami memastikan sumber suara dentuman tersebut tidak berasal dari gempa tektonik," tegasnya.

"Artinya, jika sebuah aktivitas gempa sampai mengeluarkan bunyi ledakan, berarti kedalaman hiposenter gempa tersebut sangat dangkal, dekat permukaan, dan jika itu terjadi maka akan tercatat oleh sensor gempa," imbuhnya lagi.

Daryono menambahkan informasi yang ia terima sangat valid. Pasalnya, saat ini BMKG mengoperasikan lebih dari 22 sensor gempa dengan sebaran yang merata di Jawa Tengah.

Dengan demikian, jika terjadi gempa di wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya maka dipastikan gempa tersebut akan terekam, selanjutnya akan diproses untuk menentukan magnitudo dan lokasi titik episenternya.

Meski begitu, Daryono menjelaskan bahwa ada beberapa kemungkinan penyebab suara dentuman saat terjadi gempa.

BMKG mengonfirmasi terkait suara dentuman yang terdengar di beberapa tempat di Jawa Tengah, pada Senin (11/5) dini hari tadi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News