Heli AS Dijebak, Lalu Ditembak

Heli AS Dijebak, Lalu Ditembak
Heli AS Dijebak, Lalu Ditembak
KABUL - Misteri jatuhnya helikopter CH-47 Chinook milik militer Amerika Serikat (AS) di Afghanistan mulai terungkap. Seorang pejabat senior Afghanistan bertutur bahwa Taliban berhasil menjebak helikopter itu sehingga dengan mudah ditembak jatuh.

Sumber yang menolak menyebut identitasnya tersebut mengungkapkan kepada Agence France-Presse bahwa komandan Taliban bernama Qari Tahir sengaja menjebak pasukan AS untuk datang ke lokasi itu. Caranya adalah memberikan informasi bohong bahwa sedang berlangsung pertemuan para tokoh militan Taliban di sebuah rumah.

Sumber itu menjelaskan bahwa empat warga Pakistan membantu Tahir dalam melancarkan serangan tersebut. "Kini sudah dapat dipastikan bahwa helikopter tersebut jatuh akibat tembakan. Dan, itu akibat jebakan yang dibuat komandan Taliban," ujar sumber itu mengutip keterangan intelijen Afghanistan yang dikumpulkan dari lokasi insiden.

"Taliban tahu rute mana yang akan dilewati helikopter tersebut," terangnya. "Hanya itulah satu-satunya rute. Jadi, mereka (Taliban, Red) mengambil posisi di sisi lain bukit wilayah pegunungan. Saat helikopter mendekat, mereka menyerangnya dengan roket dan senjata modern lainnya. Helikopter itu jatuh setelah terkena beberapa tembakan," tambahnya.

KABUL - Misteri jatuhnya helikopter CH-47 Chinook milik militer Amerika Serikat (AS) di Afghanistan mulai terungkap. Seorang pejabat senior Afghanistan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News