JPNN.com

Hendrika Fauzi, Petani Milenial di Aceh yang Mengekspor Kopi Sampai ke Mancanegara

Rabu, 01 Juli 2020 – 14:23 WIB
Hendrika Fauzi, Petani Milenial di Aceh yang Mengekspor Kopi Sampai ke Mancanegara - JPNN.com
Foto: kiriman dari BPPSDMP

jpnn.com, ACEH - Regenerasi di bidang pertanian secara perlahan terus terjadi. Generasi milenial mulai mengambil peran untuk memajukan pertanian Indonesia, seperti yang dilakukan milenial asal Aceh, Hendrika Fauzi.

Pria kelahiran Takengon, Aceh Tengah, 1 Januari 1992 itu membudidayakan tanaman kopi.

Hendrika bahkan mengekspornya hingga ke mancanegara.

Apresiasi diberikan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). Menurutnya, regenerasi harus mulai terjadi di sektor pertanian.

“Kami ingin lebih banyak anak muda yang terlibat di sektor pertanian. Karena anak-anak muda ini bisa menghadirkan inovasi teknologi yang memang dibutuhkan pertanian. Generasi milenial ini kami harapkan bisa memajukan pertanian Tanah Air,” tutur Mentan SYL.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, mengatakan pertanian membutuhkan petani di usia produktif dengan latar belakang pendidikan tinggi.

“Dari data yang kami miliki, petani Indonesia saat ini mayoritas berada pada rentang usia 45 tahun hingga 55 tahun. Dan sebagian besar latar belakang pendidikannya berada di level pendidikan dasar, jumlahnya hingga 66 persen,” tuturnya.

Dengan data itu, Dedi menilai regenerasi petani harus dilakukan. Jika tidak, Indonesia bisa mengalami kekurangan petani.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
adek