Heran, Rizal Ramli Rajin Kritik Menteri Rini dan Sudirman Said

Heran, Rizal Ramli Rajin Kritik Menteri Rini dan Sudirman Said
Menko Bidang Maritim dan Sumber Daya. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Ketua Pendiri Indonesia Audit Watch Junisab Akbar heran dengan sikap Menteri Koordinator Bidang Matirim dan Sumber Daya Rizal Ramli. Sebab, Rizal hanya berani mengkritik Menteri BUMN Rini Soemarno, Pelindo II, Menteri ESDM Sudirman Said dan tidak kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Dia tambah heran, selain Rini, Menko Rizal juga cukup rajin mengkritik sesama anggota Kabinet Kerja yang dianggapnya bertentangan dengan norma kepatutan dan hukum. 

“Anehnya kenapa dia mendiamkan kepretan kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastusi?," kata Junisab, Senin (21/12). 

Menurutnya, Rizal Ramli sebagai Menko harus bisa memberikan pertimbangan yang kuat dan meneliti bagiamana sampai bisa masuk material kepada Presiden sehingga terbit Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 75 tahun 2015. Perpres itu mengatur tentang Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari sektor Kelautan dan Perikanan.

“Bagaimana proses bahan PP yang diajukan Susi tega menaikkan pajak di bdang perikanan sampai sebesar 1000 persen?,” ujar dia.

Menurut Junisab, jika PP itu dijalankan maka akan mematikan industri perikanan dan memberatkan nelayan. Tak pelak, ia memprediksi, hal itu akan semakin mempercepat rasa benci masyarakat kepada presiden.

Di lain sisi, Junisab juga mempertanyakan rencana Susi mengembalikan APBN Rp 2 triliun kepada negara dengan alasan dana tersebut tidak terserap. “Padahal itu bukan bentuk penghematan loh,” ujarnya.

Ia menegaskan, Rizal Ramli harus secara langsung melakukan audit kinerja terhadap Susi dan jajarannya di KKP.

JAKARTA – Ketua Pendiri Indonesia Audit Watch Junisab Akbar heran dengan sikap Menteri Koordinator Bidang Matirim dan Sumber Daya Rizal Ramli.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News