DPR: Pesawat Tempur T-50i Jatuh, Peringatan Bagi Pemerintah

DPR: Pesawat Tempur T-50i Jatuh, Peringatan Bagi Pemerintah
Wakil Ketua Komisi I DPR Hanafi Rais. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Insiden pesawat tempur jenis T-50i buatan Korea yang jatuh di Yogyakarta harus menjadi peringatan sekaligus evaluasi bagi pemerintah dalam kerja sama bidang teknologi pertahanan.

“Insiden T50i harus jadi peringatan bagi pemerintah dan TNI agar lebih cermat dengan Korea,” Wakil Ketua Komisi I DPR Hanafi Rais, saat dikonfirmasi, Senin (21/12).

Dia meminta insiden tersebut perlu investigasi lengkap terkait permesinan dan teknologi T50i Golden Eagle yang baru saja dikirim dari Korea. Ia menduga ada dugaan engine failure saat pilot melakukan loop, padahal ini pesawat baru.

Yang tidak kalah penting, pemerintah Indonesia punya pengalaman beberapa kali tidak nyaman kerja sama dengan Korea, yakni ketika overhaul kapal selam Indonesia oleh perusahaan Korea bermasalah.

“Kemudian, kerja sama pembuatan jet tempur KFX/IFX juga bermasalah terkait transfer of knowledge dan teknologinya,” kata politikus PAN itu.

Dia menambahkan, hasil investigasi insiden T50i juga bisa menjadi penentu berlanjut tidaknya kerja sama Indonesia-Korea ke depan. Minimal, kejadian ini bisa jadi pertimbangan untuk evaluasi kerja sama.(fat/jpnn)


JAKARTA – Insiden pesawat tempur jenis T-50i buatan Korea yang jatuh di Yogyakarta harus menjadi peringatan sekaligus evaluasi bagi pemerintah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News