Heru Budi Ajak Pemprov Banten, Jabar, Jateng Kerja Sama Mengedalikan Inflasi

Heru Budi Ajak Pemprov Banten, Jabar, Jateng Kerja Sama Mengedalikan Inflasi
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Foto/Arsip: Ryana Aryadita Umasugi/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggandeng Pemprov Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kota Bogor, Kota Depok, Kota Tangerang, serta Kota Bekasi untuk mengendalikan inflasi.

Hal itu dilaksanakan melalui High Level Meeting (HLM) Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) di Balai Kota Jakarta, Jakarta Pusat, pada Rabu (29/11) kemarin.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan kerja sama itu sesuai dengan arahan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian agar setiap daerah mampu mengendalikan inflasi.

"Sesuai arahan Mendagri pada Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah, yang perlu dilakukan adalah Gerakan Tanam. Gerakan ini untuk mengatasi permasalahan terutama kenaikan harga komoditas cabai rawit dan cabai merah,” ucap Heru dalam keterangannya, Rabu.

Heru menyebutkan arahan lain dari Tito adalah melakukan aksi stabilisasi pasokan dan harga pangan.

Cara ini bisa dilaksanakan dengan mengecek ketersediaan stok, mengawasi sistem dan jalur distribusi, serta meningkatkan cadangan pangan.

Hal itumenjadi fokus, mengingat mendekati Hari Besar Keagamaan Nasional Natal, Tahun Baru, dan event besar lainnya, sehingga perlu adanya penanganan terhadap pangan.

“HLM ini sangat vital dilakukan mengingat peran penting DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten dalam menentukan roda perekonomian dan perkembangan inflasi nasional,” kata dia.

Demi mengendalikan inflasi, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi menggandeng Pemprov Banten, Jabar, Jateng, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News