Hetero Space di Semarang jadi Harapan Baru Pak Ganjar

Hetero Space di Semarang jadi Harapan Baru Pak Ganjar
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Rumah Dinas Puri Gedeh. Foto: Instagram

jpnn.com, SEMARANG - Ruang kolaborasi Hetero Space yang diinisiasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan jejaring anak muda Jawa Tengah saat ini dinilai sukses menumbuhkan industri kreatif.

Sejak diluncurkan akhir Januari 2020, ruang kolaborasi ( coworking space) ini telah menggelar banyak kegiatan yang bahkan mampu beradaptasi di tengah pandemi.

Kesuksesan itu kemudian memunculkan harapan baru untuk membuat coworking space di kota lain di Jawa Tengah.

Hingga akhir Agustus 2020, tercatat sudah ada 231 kegiatan baik online maupun offline, yang diselenggarakan di Hetero Space Semarang.

Ratusan kegiatan itu menyerap 12.908 member dan telah menjadi ruang untuk 1000 start up digital tumbuh, tidak hanya kota di Jawa Tengah tetapi juga kota-kota lain di Indonesia.

"Sebanyak 231 kegiatan itu kami lakukan secara online, offline, dan juga hybrid (menggabungkan keduanya). Kami juga menggandeng beberapa komunitas di Jawa Tengah dan luar Jawa Tengah. Kami ingin lebih menebarkan kesempatan buat masyarakat secara umum untuk lebih aktif dan produktif belajar bareng mengenai industri kreatif di Hetero Space," kata Khaleed H Pranowo, Master of Coins Hetero Space, usai bertemu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Rumah Dinas Puri Gedeh, Jumat (2/10).

Khaleed menjelaskan, ada beberapa output yang sudah mendapatkan dampak secara langsung tetapi ada juga yang mendapat dampak tidak langsung. Artinya saat ini masih ada yang dikembangkan lagi pasca kegiatan. Misalnya kegiatan berbentuk manajerial dan vokasional seperti desain dan foto produk.

"Setelah mengikuti pelatihan dari kita mereka bisa memiliki desain packaging yang lebih baik dan menarik dari sebelumnya sehingga meningkatkan omzet. Untuk manajerial ada pelatihan digital marketing untuk akses ke e-commerce. Kalau kegiatan start up kita mengundang masyarakat untuk belajar membuat start up dalam waktu tiga hari," jelasnya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengapresiasi munculnya Hetero Space sebagai ruang kolaborasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News