Hewan Juga Butuh Libur, KB Ragunan Lusa Tutup

Hewan Juga Butuh Libur, KB Ragunan Lusa Tutup
Taman Margasatwa Ragunan di Jakarta Selatan, Minggu (1/1). Foto: Rieska Virdhani/JawaPos.Com

jpnn.com - JPNN.Com - Hewan koleksi Taman Margasatwa Ragunan ternyata juga butuh libur. Karenanya, agar hewan-hewan di Kebun Binatang (KB)  Ragunan bisa tenang menikmati istirahatnya, maka manajemen kebon binatang milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta itu akan libur sehari dan tidak menerima kunjungan publik pada Selasa luasa (3/1).

Biasanya, Taman Margasatwa Ragunan libur pada hari Senin. Tapi karena Senin besok (2/1) masih masa liburan, maka pengelola Taman Margasatwa Ragunan menggeser hari untuk istirahan menjadi Selasa.

"Hewan butuh istirahat. Senin biasanya kami libur satwa, kali ini mundur. Selasa ditutup, bagi pengunjung untuk tidak datang khusus Selasa pekan ini," kata Wahyudi Bambang selaku kepala Humas Taman Margasatwa Ragunan, Minggu (1/1).

Menurutnya, satwa juga perlu dilindungi agar tidak stres setelah didatangi banyak pengunjung. Jumlah total satwa di Ragunan saat ini ada 2025 ekor. Dan kandang gajah, primata, serta harimau menjadi lokasi favorit pengunjung.

Wahyudi menambahkan, libur operasional juga dimanfaatkan untuk perawatan satwa, sekaligus perbaikan sarana dan prasarana.. "Saat libur satwa kami lakukan perawatan khusus. Treatment lalu perbaikan fasilitas. Dengan adanya banyak pengunjung mungkin pintu retak kami benahi," jelasnya.

Apalagi selama ini banyak pengunjung umumnya anak-anak jahil dengan satwa yang ada. Berbagai sampah seperti botol atau plastik sengaja dilempar ke arah kandang. Pihak petugas sudah berulang kali memberikan peringatan teguran atau tertulis, namun hal itu sering berulang.

"Termasuk larangan memberikan makan sulit kita sterilkan. Di luar sepengetahuan kita masih sering hewan dikasih makan. Kebiasaan pengunjung ini masih kuno demi kesenangan pribadi. Padahal itu bisa mengganggu kesehatan hewan," tegas Wahyudi.(cr1/JPG)


JPNN.Com - Hewan koleksi Taman Margasatwa Ragunan ternyata juga butuh libur. Karenanya, agar hewan-hewan di Kebun Binatang (KB)  Ragunan bisa


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News