Hidayat: Hentikan Stigma Negatif Tentang Islam

Hidayat: Hentikan Stigma Negatif Tentang Islam
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid saat berceramah di hadapan ratusan jemaah Tabligh Akbar Ramadhan Fest di UIN Syarief Hidayatullah, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (3/6) malam. Foto: Humas MPR

jpnn.com, TANGERANG - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid mengatakan umat Islam terutama generasi muda Islam harus mengenal dan memahami negerinya sendiri antara lain sejarahnya.

Hal ini penting agar umat Islam terutama generasi mudanya tidak merasa terasing di negerinya sendiri. Apalagi saat ini banyak sekali wacana-wacana, tudingan-tudingan yang banyak memojokkan umat Islam terutama kaitannya dengan Pancasila dan NKRI serta kebinekaan.

"Fakta sejarah tak terbantahkan, kemerdekaan Indonesia yang diraih juga ada andil kalangan Islam terpelajar terutama mereka yang terhimpun dalam Panitia 9," kata Hidayat dalam ceramahnya di hadapan ratusan jemaah Tabligh Akbar Ramadhan Fest di UIN Syarief Hidayatullah, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (3/6) malam.

Hidayat menambahkan, keterpelajaran mereka itu membuat mereka bersama-sama walaupun dari berbagai dan beragam latar belakang. Ada yang lulusan dalam dan luar negeri, politik baik nasionalis non-agama, politik Islam, NU, Muhammadiyah, nonmuslim.

Mereka semua dengan intelektualismenya kemudian menghadirkan kebersamaan, tanggung jawab sejarah.

"Dengan peran serta intelektual yang agung bisa menyepakati semangat Indonesia yang merdeka yang kemudian mereka simpulkan dalam Piagam Jakarta dan menyepakati Pancasila sebagai dasar negara," ujarnya.

Menurut Hidayat, warisan para founding father dan founding mothers ini sangat penting untuk dipahami, dihayati. Semangat dan perjuangan mereka harus dilanjutkan oleh para generasi muda yang sekarang ini aktif di kampus-kampus.

“Saya ingin menegaskan bahwa sangat penting untuk rekan-rekan mahasiswa generasi muda bangsa untuk bisa memahami betul sejarah Indonesia," katanya.

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid mengatakan umat Islam terutama generasi muda Islam harus mengenal dan memahami negerinya sendiri antara lain sejarahnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News