Hidupkan Lombok, Gairahkan Industri

Hidupkan Lombok, Gairahkan Industri
Ilustrasi. FOTO: dok/jpnn.com

jpnn.com - LOMBOK - Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Mandalika Lombok, NTB mulai bergerak lebih cepat. Tiga group hotel internasional pada Sabtu (12/12) lalu mulai ground breaking di Kuta Lombok. 

Kawasan seluas 1.175 hektar di bawah manajemen ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation) itu. Rencananya kawasan itu akan dibangun Pullman Mandalika Eco Resort Club Med dan Lee's Mandalika Beach Hotel.

Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla didampingi Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Menpar Arief Yahya, Men PAN-RB Yuddy Chrisnandi, Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi, meninjau rencana Tahap I akan fokus pada pembangunan infrastruktur dan fasilitas kawasan itu. 

"Kami lakukan percepatan agar KEK Mandalika ini segera menjadi simpul ekonomi berbasis pariwisata," kata Jusuf Kalla.

Jusuf Kalla juga menegaskan, bandara Lombok Praya juga akan diperpanjang landasannya hingga pesawat berbadan lebar seperti Boeng 777 bisa mendarat dengan selamat. Sehingga maskapai seperti Emirates, Qatar Airline, atau maskapai asal Timur Tengah lainnya bisa langsung mendarat di Lombok. 

Saat ini panjang landasan sudah 2700 meter dan akan perpanjang 500 meter lagi.

Prestasi Lombok sungguh membanggakan. Lombok berhasil memenangi The World Best Halal Destination 2015 dan The World Best Honeymoon 2015. Padahal biasanya dua penghargaan itu diborong Malaysia.

Dirut ITDC Abdoelbar Mansoer menjelaskan dua hotel itu akan segera membangun fisik pada 2016 mendatang. Secara simultan akan dibangun  marina, pangkalan yacht (perahu pesiar). 

LOMBOK - Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Mandalika Lombok, NTB mulai bergerak lebih cepat. Tiga group hotel internasional pada Sabtu (12/12)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News