Hindari Spekulasi Pemicu Inflasi

Hindari Spekulasi Pemicu Inflasi
Hindari Spekulasi Pemicu Inflasi
JAKARTA - Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Radjasa mengatakan ekspektasi terhadap hal-hal yang dapat mendongkrak inflasi harus dihindari. Tujuannya, agar laju inflasi sepanjang tahun ini bisa terkendali.

Terlebih lagi, rencana kenaikan bahan bakar minyak (BBM) subsidi menjadi salah satu faktor yang mengerek inflasi. "Saya kira  yang kita harus hindarkan itu ekspektasi inflasi, karena menganggap akan adanya kenaikan BBM, toh BBM tidak naik. Padahal itu adalah spekulasi-spekulasi yang tidak perlu," ujar Hatta di Jakarta, Selasa (1/5).

Untuk menghindari spekulasi pemicu inflasi, pemerintah akan menjaga stok dan distribusi pangan.  "Tidak bisa tidak hal-hal yang berkaitan dengan pangan itu harus kita jaga, pasokannya harus dijaga, stabilitasnya harus dijaga kalau dia meningkat harus kita intervensi," tandasnya.

Selain itu, salah stau memicu inflasi adalah kenaikan tarif angkutan yang ditentukan oleh pemerintah, baik tarif angkutan darat, kereta api maupun penyebrangan. Oleh karena itu, untuk menghindari inflasi yang tinggi maka pemerintah tidak akan menaikan tarif transportasi tersebut.

JAKARTA - Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Radjasa mengatakan ekspektasi terhadap hal-hal yang dapat mendongkrak inflasi harus dihindari. Tujuannya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News