Hingga Malam Tahun Baru 2023 Bandung Raya Diperkirakan Diguyur Hujan Lebat

Hingga Malam Tahun Baru 2023 Bandung Raya Diperkirakan Diguyur Hujan Lebat
Warga Bandung menggunakan payung saat hujan turun. Foto/ilustrasi: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, BANDUNG - Wilayah Bandung Raya diperkirakan dilanda hujan lebat hingga Sabtu (31/12) atau malam pergantian Tahun Baru 2023.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Jawa Barat memperkirakan cuaca ekstrem itu diperkirakan melanda mulai Kamis (29/12).

Pasalnya, masih ada fenomena yang berpengaruh terhadap peningkatan cuaca.

"Kondisi muka laut di sekitar Jawa Barat diprakirakan masih relatif hangat. Indeks Nino juga masih mengindikasikan periode La Nina," kata Kepala Stasiun Geofisika Jawa Barat Indra Gustari saat dihubungi di Bandung, Rabu.

Adapun wilayah Bandung Raya yang diprakirakan dilanda hujan sangat lebat itu mulai dari Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kota Cimahi. Selain itu, hujan lebat menurutnya juga bisa disertai dengan petir dan angin kencang.

Selama Kamis (29/12) hingga Sabtu (31/12), menurutnya wilayah Bandung Raya diprakirakan dilanda hujan yang sangat lebat itu.

Namun, pada Minggu (1/1/2023), menurutnya hanya wilayah Kabupaten Bandung Barat yang diprakirakan dilanda cuaca ekstrem, sedangkan wilayah Bandung lainnya tidak masuk ke dalam prakiraan cuaca itu.

Kemudian pada Senin (2/1/2023), wilayah Kabupaten Bandung Barat masih diprakirakan dilanda hujan lebat disertai angin kencang. Selanjutnya mulai Selasa (2/1/2023) hingga Rabu (4/1/2023), wilayah Bandung Raya potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

BMKG memperkirakan wilayah Bandung Raya dilanda hujan lebat hingga Sabtu (31/12) atau malam pergantian Tahun Baru 2023.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News