HMS Center Ingatkan Pemerintah Perhatikan 3 Pilar Penting Pembangunan Nasional

HMS Center Ingatkan Pemerintah Perhatikan 3 Pilar Penting Pembangunan Nasional
Ketua Umum Hidupkan Masyarakat Sejahtera (HMS) Center Hardjuno Wiwoho. Foto: Dokumentasi pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Hidupkan Masyarakat Sejahtera (HMS) Center Hardjuno Wiwoho mengingatkan pemerintah untuk benar-benar memperhatikan tiga pilar penting pembangunan nasional yaitu pembangunan manusia (SDM) dan teknologi, kemandirian pangan dan pengembangan energi terbarukan.

Pasalnya, Indonesia akan menjadi negara terbelakang tatkala tiga komponen penting pembangunan itu tidak digarap secara serius.

“Kalau pemimpin tidak mengembangkan ketiga pilar dasar pembangunan itu maka saya kira, negara kita tidak akan maju,” ujar Hardjuno Wiwoho di Jakarta, Senin (14/8).

Menurut Hardjuno, Indonesia betul-betul akan masuk zaman kegelapan atau makin primitif kalau abai dengan elemen penting pembangunan ini.

“Kita semua pakai smartphone, tetapi ingat simpanse dan gorila dalam suatu penelitian juga bisa menekan tombol smart phone. Orang Indonesia menggunakan smart phone dikira orang pintar padahal simpanse dan gorila juga bisa,” katanya.

Hardjuno mengaku untuk mengejar ketertinggalan tidaklah mudah. Sebab, memerlukan waktu berabad-abad.

Lihat saja Jakarta dan Papua. Keduanya sama-sama di Indonesia tapi jauh sekali perkembangannya.

Ketertinggalan Papua dari Jakarta itu, menurut Hardjuno, sama ibaratnya dengan ketertinggalan Indonesia dibanding negara maju.

Ketua Umum HMS Center Hardjuno Wiwoho mengingatkan pemerintah untuk benar-benar memperhatikan tiga pilar penting pembangunan nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News