HNW Nilai Ketentuan Masa Jabatan Wapres Belum Jelas

HNW Nilai Ketentuan Masa Jabatan Wapres Belum Jelas
Wakil Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Perdebatan soal masa jabatan wakil presiden masih terus bergulir. Pertanyaan besarnya, apakah Wakil Presiden Jusuf Kalla yang sudah dua kali menjabat bisa mencalonkan diri lagi.

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Hidayat Nurwahid mengatakan, Mahkamah Konstitusi (MK) perlu memberikan tafsir konstitusi mengenai hal ini.

“Apakah berturut-turut itu artinya berturut-turut sepuluh tahun lansung atau selang-seling, nah ini membutuhkan tafsir konstitusi. Nah, yang mempunyai kewenangan tertinggi untuk memberikan tafsir konstitusi dan memutuskan sengketa pemahaman konstitusi adalah MK,” kata Hidayat di gedung parlemen, Jakarta, Jumat (4/5).

Jadi, ujar Hidayat, secara teori pihaknya menyerahkan kepada MK untuk memutuskan. Dia mengatakan, sekalipun kalau merujuk semangat besar mengapa dulu dilakukan perubahan Undang-undang Dasar (UUD) 1945, itu untuk memberikan masa jabatan kepada presiden sebanyak dua kali.

“Jadi, UUD dirubah untuk memberikan kepastian hukum karena kalau semangat ini menurut saya memang berturut-turut itu ya sudah dua sekali atau tidak langsung sudah dua kali berturut-turut. Tapi tetap kami hormati apa pun yang menjadi keputusan MK. Karena dialah yang mempunyai hak untuk menafsirkan konstitusi,” ujar politikus PKS itu. (boy/jpnn)


Perdebatan soal masa jabatan wakil presiden masih terus bergulir. Pertanyaan besarnya, apakah Wapres Jusuf Kalla yang sudah dua kali menjabat bisa maju lagi


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News