HNW: Ormas dan Partai Islam Berjasa Selamatkan Pancasila-NKRI

HNW: Ormas dan Partai Islam Berjasa Selamatkan Pancasila-NKRI
Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid. Foto: MPR RI.

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid menyatakan para ulama yang terhimpun dalam ormas Islam seperti Muhammadiyah, NU, Persis, dan PUI, serta partai Islam antara lain Syarikat Islam, Penyadar, PII atau Partai Masyumi, ikut berjasa menyelamatkan Pancasila dan NKRI.

Sosok yang karib disapa HNW ini berharap perjuangan itu menjadi contoh dan diambil sebagai pelajaran oleh umat Islam di Indonesia dalam  menjaga serta mengamalkan Pancasila dan NKRI. 

Pasalnya, kata Hidayat, para ulama yang tergabung dalam ormas maupun partai Islam terlibat pembahasan dan penerimaan Pacasila sebagai dasar dan ideologi negara.

Selain itu, katanya, ikut menetapkan bentuk negara kesatuan yang cocok dengan Indonesia.

HNW sangat mengapresiasi kenegarawanan mereka, dan mendukung hasil ijtihad para ulama yang aktif sejak di BPUPK, Panitia 9, PPKI, KNIP hingga  Parlemen RIS.

HNW berharap ideologi Pancasila, serta bentuk negara kesatuan ini harus terus dipertahankan dan diperjuangkan. 

“Sebelum Indonesia merdeka, nusantara terdiri dari berbagai kerajaan. Dan setelah merdeka, kita memilih negara kesatuan republik Indonesia," kata HNW secara daring pada acara sosialisasi Empat Pilar MPR dengan para ulama dan tokoh masyarakat di Pondok Pinang, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu. 

Menurut HNW, federal cocoknya digunakan untuk negara daratan seperti Amerika Serikat.

HNW berharap perjuangan itu menjadi contoh dan diambil sebagai pelajaran oleh umat Islam di Indonesia dalam  menjaga serta mengamalkan Pancasila dan NKRI. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News