HNW: Pak Jokowi, Ketimbang Sibuk Berpolemik Pindah Ibu Kota, Fokus Saja ke SDM

HNW: Pak Jokowi, Ketimbang Sibuk Berpolemik Pindah Ibu Kota, Fokus Saja ke SDM
Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW). Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW) menilai pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan butuh upaya yang serius dan panjang.

Karena itu, HNW menyarankan Presiden Jokowi fokus saja pada prioritas programnya, yaitu pengembangan sumber daya manusia (SDM) dibanding menggeser ibu kota negara.

"Menurut saya, ketimbang rakyat disibukkan dengan polemik masalah ibu kota, lebih bagus presiden komitmen apa yang sudah menjadi fokusnya yaitu periode ke depannya untuk meningkatkan SDM unggul. Nah, SDM itu menurut saya tidak terlalu korelatif dengan di mana letak ibu kota Indonesia, apalagi perubahannya menimbulkan banyak persoalan seperti masalah ekonomi, anggaran, sosial, politik, akan pecah itu," kata HNW di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (23/8).

HNW melanjutkan, Presiden Jokowi harus memberikan pikiran, konsentrasi dan anggaran untuk meningkatkan SDM Indonesia. Pemerataan pembangunan di daerah-daerah juga bisa mendorong SDM maju.

BACA JUGA: Seperti Bung Karno, Pak Jokowi Bakal Dikenang Rakyat Indonesia

"Kemudian maksimalkan sumber dana desa itu, awasi, diarahkan, itu sudah menjadi jembatan yang luar biasa. Pemelihan ibu kota dalam tanda kutip hanya memindahkan pemerataan pembangunan di provinsi di mana ibu kota itu, tidak ada jaminan," jelas HNW.

BACA JUGA: Menurut Amien Rais, Presiden Jokowi seperti Ribut Sendiri

Selain itu, kata politikus PKS ini, uang pemindahan Ibu Kota Negara juga bisa diberikan di pos-pos pendidikan. Seperti membangun infrastruktur pendidikan dan peningkatan mutu mahasiswa.

Hidayat Nur Wahid alias HNW menyarankan Presiden Jokowi fokus ke masalah SDM ketimbang sibuk soal pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News