HNW: Ramadan Bulan Ibadah Sosial, Kukuhkan Budaya Ngaji, Salat, dan Silat

Rabu, 05 Mei 2021 – 15:45 WIB
HNW: Ramadan Bulan Ibadah Sosial, Kukuhkan Budaya Ngaji, Salat, dan Silat - JPNN.com
Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Dr. H. M Hidayat Nur Wahid, MA. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Di hadapan komunitas Jawara 411 Betawi dan Perguruan Silat Beksi Merah, Wakil Ketua MPR RI Dr. H. M. Hidayat Nur Wahid, MA, menyatakan dukungannya terhadap upaya pelestarian dan pengembangan seni budaya warga Betawi.

Seperti seni Pencak silat yang dikembangkan oleh Perguruan silat Beksi Merah dan Jawara 411 yang dipimpin Guru Besar/Pendekar Bang Basir Busthomi. Sebab nilai dasar pencak silat Betawi terhubung dengan budaya Betawi. Yakni Ngaji, Salat, dan Silat.

Hal itu sangat relevan dengan hadirnya Bulan Ramadan yang menginternalisasikan praktik ngaji (tadarus & tadabur Alquran), Salat fardhu (berjemaah lima waktu), Salat tarawih dan qiyamullail. Juga silat dalam bentuk silaturahim dan ibadah sosial yang lain.

Seperti pembayaran dan pendistribusian zakat, serta  buka puasa bersama dan pembagian takjil-ifthar.

Selama bulan Ramadan, HNW sapaan akrab Hidayat, telah mendistribusikan ribuan paket takjil, santapan Ramadan, dan bantuan sosial berupa santunan untuk anak yatim, duafa, dan pengemudi ojek online.

HNW berharap kegiatan tersebut turut membantu kesulitan yang dialami warga akibat pandemi covid-19, meningkatkan semangat gotong royong sebagaimana yang terkandung dalam Pancasila serta menyukseskan program berbagi 1,9 juta takjil yang diselenggarakan oleh DPP PKS dalam rangka milad 19 tahun PKS.

“Selama bulan Ramadan kita sangat dianjurkan untuk peduli kepada sesama, melakukan kegiatan sosial dengan infak, sodaqoh, dan takjil. Bahkan PKS membuat program 1,9 juta takjil untuk warga Jakarta dan warga Indonesia dalam rangka terus konsisten menebar manfaat”, ujar Hidayat dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (5/5).

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS ini menjelaskan, program Ramadan tahun ini telah ia salurkan kepada warga di seluruh kecamatan di Kota Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...