Honda Kaget Pemerintah Tekan Impor dengan Setop Uji Tipe

Honda Kaget Pemerintah Tekan Impor dengan Setop Uji Tipe
Booth motor Honda di IIMS 2018. (Foto: iims/jpnn)

jpnn.com, JAKARTA - Langkah pemerintah menekan impor kendaraan utuh atau CBU (Completely Built Up) sontak membuat kaget sebagian Agen Pemegang Merek (APM) maupun distributor/importir kendaraan di Indonesia, salah satunya Astra Honda Motor (AHM).

Pihak AHM sendiri sudah dengar rencana itu namun hanya sebatas selentingan dan mereka masih menunggu kejelasannya.

"Ya, saya sudah dengar rencana kebijakan pemerintah tentang kendaraan CBU atau impor ingin dikurangi," ujar General Manager of Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin saat dihubungi JPNN.com, Kamis (23/8).

"Kita pelajari rencana pemerintah. Saya tidak mau komentar, kalau soal ini belum jelas," tambahnya terkait permintaan tanggapan JPNN mengenai hal tersebut.

Sebelumnya, sejumlah distributor/importir sudah merasakan langsung seperti pihak BMW Motorrad dan Harley Davidson yang mengeluhkan permasalahan saat proses pengajuan uji tipe kendaraan dengan alasan penyetopan proses uji tipe dari Kemenperin tanpa sosialiasi dan informasi waktu penyetopan. Imbasnya, mereka mengakui itu berpotensi merugikan.

Baca juga: Alasan Kemenperin Setop Proses Uji Tipe Kendaraan

Dalam kesempatan lain, Kasubdit Ditjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kemenperin Togu Sihombing mengakui, saat ini pemerintah memang terus berupaya mengurangi atau kemungkinan menghentikan impor kendaraan.

Karena kata Togu, pemasukan ke negara sangat kecil dari impor kendaraan mewah. Togu terus mendorong APM terutama importir untuk secara bertahap bisa melokalisasi.

Langkah pemerintah menekan impor kendaraan utuh (CBU) sontak membuat kaget sebagian APM kendaraan maupun distributor/importir di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News