Honda Pemenang di 2015

Honda Pemenang di 2015
Personil JKT48 berpose di atas unit Honda terbaru. Foto : Dok Jawa Pos

JAKARTA - PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil memimpin pasar roda dua nasional dengan pen­jualan 4.453.000 unit di tahun 2015. Itu berarti 68,8 persen dari total penjualan sepeda motor domestik yang mencapai 6.477.000 unit. Honda masih mengandalkan sepeda motor jenis skuter matik (skutik) untuk mendongkrak pasar yang lesu.

Executive Vice President Director AHM Johannes Loman menyatakan, penjualan tersebut sudah sesuai ekspektasi. Meski begitu, dia mengakui bahwa Honda ikut mengalami penurunan penjualan seperti merek-merek lainnya. ''Market Honda pada 2015 turun sampai 11,8 persen. Tetapi, itu lumayan karena pasar secara nasional turunnya 17,7 persen,'' ujarnya kemarin (13/1).

Kontribusi terbesar penjualan Honda masih dari jajaran skutik dengan persentase 76 persen. Di peringkat kedua, model sport menyumbang 13 persen dan sisanya bebek dengan hanya 11 persen. ''Meski terus menyusut, eksistensi bebek akan tetap ada di Indonesia. Untuk angkut barang dan lain-lain, terutama di daerah-daerah,'' katanya.

Mengawali 2016, AHM kembali meluncurkan motor skutik New Honda BeAT POP eSP dengan desain stripe terbaru yang atraktif. Tampilan terbaru skutik Honda itu dipersembahkan untuk remaja yang menginginkan sepeda motor berdesain fun dan atraktif, irit BBM, lincah, dan berbodi ramping. ''Tahun ini sepeda motor skutik masih menjadi andalan kita,'' ucapnya.

Berdasar data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), sepanjang Januari-November 2015, Honda BeAT series tercatat sebagai sepeda motor skutik terlaris dengan total penjualan 1.848.439 unit atau 41 persen dari total penjualan skutik nasional. ''Kontribusi model ini semakin memperkuat posisi Honda sebagai raja skutik nasional,'' tuturnya. (wir/c20/oki/pda) 

 


JAKARTA - PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil memimpin pasar roda dua nasional dengan pen­jualan 4.453.000 unit di tahun 2015. Itu berarti


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News