Honorer Penjaga Sekolah, Pamdal, dan Petugas Kebersihan Jangan Berharap Banyak, Siapkan Mental

Honorer Penjaga Sekolah, Pamdal, dan Petugas Kebersihan Jangan Berharap Banyak, Siapkan Mental
Dewan Pembina Forum Honorer K2 Tenaga Administrasi Nur Baitih soal nasib honorer penjaga sekolah, pamdal, dan petugas kebersihan. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Honorer penjaga sekolah, pamdal, petugas kebersihan penuh kegalauan. Mereka kesal karena adanya surat Deputi Bidang SDM Aparatur KemenPAN-RB Nomor B/1971/SM.01.00/2022 tanggal 7 Oktober 2022 tentang Nomenklatur Jabatan di Dalam Pendataan Non-ASN.

Menurut Dewan Pembina Forum Honorer K2 Tenaga Administrasi Nur Baitih, dalam surat tersebut terdapat 264 jabatan yang akan dialihkan ke outsourcing.

"Saya kasihan melihat kondisi honorer K2 penjaga sekolah, pamdal, petugas kebersihan, semua galau karena terbitnya surat KemenPAN-RB yang ditandatangani Pak Alex Denni," kata Nur Baitih kepada JPNN.com, Minggu (16/10).

Nur mengungkapkan bagaimana kecewaan rekan-rekannya karena harus dialihkan ke outsourcing. Otomatis pengabdiannya belasan tahun tidak diakui lagi.

Dia pun berharap ada kebijakan khusus bagi honorer K2 agar jangan sampai dialihkan ke outsourcing. Sebab, mereka 17 tahun digaji murah hanya karena ingin mendapatkan status aparatur sipil negara (ASN).

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian (Sinka) BKN Suharmen menegaskan semua honorer tanpa terkecuali yang menduduki jabatan petugas kebersihan, penjaga keamanan, dan sopir akan dialihkan ke outsourcing. Mereka tidak bisa masuk pendataan non-ASN.

Dia menambahkan ketentuan tersebut tidak ada pengecualian termasuk untuk tendik (penjaga sekolah, petugas kebersihan, keamanan).

"Sebanyak 264 jenis jabatan yang dialihkan ke outsourcing itu untuk honorer K2 dan non-K2 di lintas instansi. Enggak ada kekhususan bagi honorer di bawah Kemendikbudristek," tegasnya.

Honorer penjaga sekolah, pamdal, petugas kebersihan harus bersabar, jangan berharap banyak jadi ASN. Begini situasinya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News