Hore! Ada Layanan Baru untuk Permudah Pasien Mengakses RS dan Puskesmas

Hore! Ada Layanan Baru untuk Permudah Pasien Mengakses RS dan Puskesmas
BKR Satgas Covid-19 meluncurkan program baru guna mempermudah pasien mendapatkan informasi soal rumah sakit dan puskesman. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Bidang Koordinasi Relawan (BKR) Satgas Covid-19 meluncurkan program terbaru untuk membantu masyarakat DKI Jakarta dan Bandung Raya mengakses rumah sakit dan puskesmas.

Program tersebut diberi nama Layanan Jalur Bantuan Informasi Covid-19.

Peresmian layanan tersebut dilakukan secara daring oleh Sekretaris Utama Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) Lilik Kurniawan didampingi oleh Ketua BKR Satgas Covid-19 Andre Rahadian, Plt. Direktur Kesiapsiagaan BNPB Pangarso Suryotomo, Sabtu (24/7).

Andre mengatakan bahwa selama ini masyarakat kesulitan mendapat informasi mengenai lokasi rumah sakit atau puskemas yang masih memiliki kamar perawatan kosong.

"Sehingga masyarakat mendatangi rumah sakit atau puskesmas secara mandiri," kata Andre dalam keterangan persnya, Sabtu.

Menurut dia, informasi minim ini berpotensi menghambat penanganan kesehatan pasien. Misalnya, satu fasilitas tertentu terjadi penumpukan pasien. Namun, fasilitas kesehatan lain kosong.

"Sebagai langkah awal, Layanan Jalur Bantuan Informasi Covid-19 ini beroperasi di Wilayah DKI Jakarta dan Bandung Raya. Semoga ke depannya layanan ini dapat berkembang untuk melayani masyarakat Indonesia di wilayah lain yang lebih luas," ujar Andre.

Layanan ini nantinya bisa diakses melalui nomor hotline Whatsapp 0821-2390-3617. Operator akan merespons dan menindaklanjuti kebutuhan masyarakat terkait Covid-19.

BKR Satgas Covid-19 meluncurkan layanan baru untuk mempermudah masyarakat mengakses rumah sakit dan puskesmas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News