Hore! Panen Raya Tiba, Harga Beras Apa Kabar?

Hore! Panen Raya Tiba, Harga Beras Apa Kabar?
Panen raya sudah mulai terjadi di seluruh daerah di tanah air. Ilustrasi/Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, BANTUL - Menteri Pertanian Republik Indonesia Syahrul Yasin Limpo menyebut panen raya sudah mulai terjadi di seluruh daerah di tanah air.

"Hari ini di Bantul meyakinkan kita bahwa di seluruh daerah di Indonesia ini musim panen dari hari ke hari makin masif," kata Menteri seusai menghadiri panen raya padi di Desa Caturharjo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Selasa sore.

Syahrul menyebut hampir tidak lagi hari tanpa panen beras di hampir semua daerah.

"Memasuki Februari ini saja ada kurang lebih 1,9 juta hektare di seluruh Indonesia yang siap panen,nah Bantul sendiri saja saat ini ada kurang lebih 5.000 hektare siap panen," katanya.

Selain itu musim tanam di beberapa kabupaten kota di DIY apabila ditotal mencapai ratusan ribu hektare sawah yang siap panen periode Februari, Maret, dan April.

"Alhamdulillah kondisi alam kita cukup bersahabat dalam musim tanam kali ini, dan kita memasuki masa panen di Februari-Maret, dan kemudian musim panen di Maret-April," ucap Syahrul.

Mentan juga berharap hasil panen padi pada musim 2023 di semua daerah maksimal, dan mampu mendukung ketersediaan beras nasional untuk swasembada pangan.

"Oleh karena itu, kita berharap produksi ini segera terproses di semua penggilingan, dari penggilingan tentu akan menuju pasar, dan tentu saja kita berharap ketersediaan di seluruh Indonesia cukup," pungkas Syahrul. 

Menteri Pertanian Republik Indonesia Syahrul Yasin Limpo menyebut panen raya sudah mulai terjadi di seluruh daerah di tanah air.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News