Hormat, Grak! Veteran Perang Dunia II Ini Berhasil Mengalahkan Virus Corona

Hormat, Grak! Veteran Perang Dunia II Ini Berhasil Mengalahkan Virus Corona
Veteran Perang Dunia II Ermando Piveta, 99, jadi orang tertua di Brazil berhasil mengalahkan virus corona. Dia dinyatakan sembuh dan diperbolehkan meninggalkan rumah sakit, Selasa (14/4). Foto: AFP

jpnn.com, BRASILIA - Veteran Perang Dunia II Ermando Piveta, 99, jadi orang tertua di Brazil berhasil mengalahkan virus corona. Dia dinyatakan sembuh dan diperbolehkan meninggalkan rumah sakit, Selasa (14/4).

Lengkap dengan baret militernya, Piveta ke luar dari rumah sakit militer di Brasilia menggunakan kursi roda dan tangannya menunjukkan sikap hormat ke para tenaga medis. Sementara itu, para petugas rumah sakit mengiringi kepulangan Piveta dengan tepuk tangan dan bunyi trompet sebagai penghormatan kepada veteran perang itu.

"Menang dari pertarungan (melawan penyakit, red) lebih besar maknanya daripada menang perang," kata Piveta. "Saat perang, kalian menyerang (pihak musuh) untuk tetap hidup. Di sini, Anda harus berjuang agar tetap hidup," ujar dia.

Saat Perang Dunia II, Piveta merupakan seorang tentara berpangkat letnan dua di Angkatan Darat Brazil. Dia diterjunkan ke palagan Afrika.

Piveta dinyatakan positif tertular virus corona (SARS-CoV-2) dua minggu lalu. Ia ditempatkan di unit perawatan intensif rumah sakit selama dua hari karena pneumonia.

Meskipun Piveta tidak menggunakan alat bantu napas/ventilator selama dirawat, ia berhasil sembuh dari penyakit karena kondisi fisiknya yang baik berkat gaya hidup sehat selama menjalani tugas di militer dan gen umur panjang dari keluarganya, kata direktur rumah sakit.

Kepulangan Piveta dari rumah sakit jadi momen yang mencerahkan di tengah gelapnya prediksi banyak pihak mengenai dampak pandemi COVID-19 di Brazil. Penyakit itu sejauh ini telah menular ke 25.262 orang dan menewaskan 1.532 jiwa, kata Kementerian Kesehatan, Selasa (14/4).

Dalam 24 jam terakhir, Kementerian Kesehatan mencatat 204 kematian baru akibat COVID-19. (ant/dil/jpnn)

Veteran Perang Dunia II Ermando Piveta, 99, jadi orang tertua di Brazil berhasil mengalahkan virus corona. Dia dinyatakan sembuh dan diperbolehkan meninggalkan rumah sakit, Selasa (14/4).


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News