HPN 2022, Ma'ruf Amin Apresiasi Usulan Soal Regulasi Publisher Rights

HPN 2022, Ma'ruf Amin Apresiasi Usulan Soal Regulasi Publisher Rights
Wakil Presiden Indonesia Maruf Amin Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyambut baik usulan Dewan Pers supaya pemerintah membuat regulasi tentang publisher rights atau hak cipta jurnalistik.  

Dia pun mengapresiasi pihak-pihak yang telah mengusulkan adanya regulasi terkait publisher rights tersebut. 

"Secara khusus saya mengapresiasi inisiatif Dewan Pers, perwakilan asosiasi, perusahan media, dan para jurnalis yang turut memberikan kontribusi pemikiran terkait rancangan regulasi mengenai hak publikasi atau jurnalistik (publisher rights)," kata Ma’ruf Amin saat memberikan sambutan pada peringatan Hari Pers Nasional atau HPN 2022 secara virtual, Senin (7/2). 

Menurut Wapres Ma’ruf Amin, regulasi ini bukan hanya untuk melindungi kepentingan pers nasional dalam menghadapi dominasi media baru atau platform digital. 

"Lebih dari itu, publisher rights adalah unsur penting untuk menjaga ekosistem media agar kemanfaatan ruang digital dapat dinikmati secara berimbang, dan kedaulatan nasional di bidang digital dapat terwujud," ungkap Ma'ruf Amin

Pada kesempatan yang sama, Ma’ruf Amin juga menyatakan bahwa penggunaan teknologi digital saat ini adalah sebuah keniscayaan. 

Oleh karena itu, kata dia, masyarakat harus mampu menguasai dunia digital agar tidak tertinggal dari negar

Pada kesempatan yang sama, Ma'ruf menegaskan penggunaan teknologi digital saat ini adalah sebuah keniscayaan.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengapresiasi pihak-pihak yang telah mengusulkan adanya regulasi terkait publisher rights atau hak cipta jurnalistik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News