HPN 2023, Kang TB Minta Pengusaha dan Pemerintah Perhatikan Kesejahteraan Insan Pers

HPN 2023, Kang TB Minta Pengusaha dan Pemerintah Perhatikan Kesejahteraan Insan Pers
Hari Pers Nasional 2023, Anggota Komisi I DPR RI Mayjen TNI (Purn) TB Hasanuddin meminta pengusaha dan pemerintah perhatikan kesejahteraan insan pers. Ilustrasi insan pers: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi I DPR RI Mayjen TNI (p) TB Hasanuddin berharap insan pers menjunjung tinggi dan meningkatkan profesionalisme serta kompeten dalam menjalankan tugasnya.

Terlebih, lanjut legislator yang akrab disapa Kang TB itu, jurnalis ialah profesi yang mulia dan penting bagi peradaban manusia serta kemajuan bangsa.

Dia menyebutkan dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2023, setidaknya ada tiga hal yang menjadi refleksi kita.

Pertama adalah profesionalisme dan kompetensi insan pers yang harus semakin ditingkatkan. 

"Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW) yang dilakukan oleh Dewan Pers beserta asosiasi jurnalis di Indonesia perlu semakin diperluas. Melalui kompetensi tersebut, maka produk-produk jurnalistik yang dihasilkan akan semakin berkualitas, informatif, dan terpercaya," kata Kang TB, Kamis (9/2).

Politikus senior PDI Perjuangan itu menjelaskan refleksi yang kedua ialah pers harus merdeka dan bebas dalam menggali serta menyampaikan informasi kepada masyarakat. 

"Insan pers harus lepas dari pengaruh oligarki politik atau tekanan politik para pemilik media," lanjutnya. 

Dia juga meminta agar kesejahteraan insan pers harus menjadi prioritas pemerintah dan industri media

Hari Pers Nasional 2023, Anggota Komisi I DPR RI Mayjen TNI (Purn) TB Hasanuddin meminta pengusaha dan pemerintah perhatikan kesejahteraan insan pers

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News