Hujan Deras, Ribuan Rumah di Sulawesi Utara Terendam

Hujan Deras, Ribuan Rumah di Sulawesi Utara Terendam
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - jpnn.com - Hujan deras dengan durasi lama di wilayah Sulawesi bagian utara telah menyebabkan banjir di beberapa tempat. Yakni, Kota Manado, Kabupaten Gorontalo Utara, dan Kota Bitung.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, di Kota Manado, banjir melanda 20 kelurahan di tujuh kecamatan.

Yaitu Kecamatan Bunaken Darat, Tumimping, Singkil, Paldua, Tikala, Paal Dua, dan Wenang pada Kamis (26/1) sejak pukul 06.00 WITA hingga malam.

Sutopo mengatakan, banjir disebabkan luapan dari Sungai Tondano dan drainase perkotaan yang tidak mampu mengalirkan aliran permukaan sehingga menimbulkan banjir.

"Di beberapa tempat juga terjadi longsor," ucapnya, Jumat (27/1).

Sutopo menambahkan, lebih dari seribu unit rumah terendam banjir dengan ketinggian satu sampai dua meter. Kemudian lebih dari lima ribu jiwa terdampak langsung oleh banjir.

Meski begitu, tidak ada laporan korban jiwa meninggal akibat banjir dan longsor. "Masyarakat mengungsi di tempat ibadah, sanak saudara dan tempat yang lebih aman," kata Sutopo.

Sutopo menjelaskan, BPBD Kota Manado bersama unsur lainnya dari TNI, Polri, Tagana, Basarnas, PMI, BPBD Provinsi Sulawesi Utara, relawan, dan masyarakat membantu penanganan banjir.

Hujan deras dengan durasi lama di wilayah Sulawesi bagian utara telah menyebabkan banjir di beberapa tempat. Yakni, Kota Manado, Kabupaten Gorontalo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News